Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Sabtu, 05 Desember 2015

Resep Membuat Selada Gumbili Khas Kalimantan Selatan

Advertisement
Advertisement

Resep Selada Gumbili Khas Kalimantan Selatan – Selada gumbili atau sawut singkong merupakan makanan khas Banjar, Kalimantan Selatan. Olahan ini terbuat dari bahan utama singkong yang dikupas dan diparut lalu dikukus hingga matang dan disajikan bersama kuah gula merah serta parutan kelapa. Rasanya manis dan gurih serta cocok dijadikan camilan di waktu santai. Jika Anda penasaran, makanan ini banyak dijual di pasar tradisional yang ada di Kalimantan Selatan. Tidak ada salahnya, bukan mampir dan mencicipi kelezatan rasanya?

Karena rasanya yang nikmat dan juga sehat, sebab resep selada gumbili khas Kalimantan Selatan tidak menggunakan bahan berbahaya dalam pengolahannya, makanan ini senantiasa digemari oleh banyak orang. Masyarakat Banjar pada khususnya menjadikan selada gumbili sebagai salah satu jajanan yang masih populer untuk dinikmati saat kumpul bersama. Maka dari itu, Anda jangan sampai ketinggalan, ya!
Selada Gumbili Khas Kalimantan Selatan
Selada Gumbili Khas Kalimantan Selatan
Bagi Anda yang ingin membuatnya di rumah, silahkan membaca resep selada gumbili khas Kalimantan Selatan. Bahan-bahan yang digunakan sangatlah sederhana. Proses pembuatannya pun tidak memakan waktu lama serta Anda bisa menikmati proses tersebut dengan membaca cermat keseluruhan isi resep selada gumbili khas Kalimantan Selatan. Simak saja kelanjutannya di bawah ini!

Bahan:

  • ½ kg singkong, kupas
  • ½ liter air
  • 2 ons gula merah
  • 1 ons gula pasir
  • ½ butir kelapa parut
  • 2 lembar daun pandan

Cara Membuat:

  1. Pertama, silahkan menyiapkan semua bumbu dan bahan yang digunakan untuk membuat selada gumbili
  2. Setelah itu, kupas singkong dan cuci bersih. Parut singkong tersebut menggunakan parutan dengan lobang besar lalu sisihkan terlebih dahulu
  3. Selanjutnya adalah merebus air bersama gula pasir, gula merah dan daun pandan sampai mendidih.
  4. Saring dan dinginkan beberapa saat.
  5. Panaskan panci kukusan dengan api sedang lalu siapkan cetakan mangkuk plastik dan olesi minyak tipis-tipis
  6. Masukkan singkong parut ke dalam cetakan tersebut. Tekan-tekan menggunakan sendok lalu kukus sampai matang
  7. Angkat dan keluarkan dari cetakan
  8. Sajikan selada gumbili di mangkuk saji bersama kuah gula merah dan taburi dengan parutan kelapa
  9. Selada gumbili siap dinikmati

Selada gumbili memang cocok dijadikan sajian penutup ketika Anda menyantap hidangan berat sebelumnya. Pasti cocok jika disantap saat musim dingin, karena selada gumbili ini juga bisa disajikan secara hangat. Aroma dan kekhasan rasa yang tercipta dari resep selada gumbili khas Kalimantan Selatan tidak akan hilang dari lidah Anda. 
Baca Juga : Resep Membuat Gagampam Khas Kalimantan Selatan

Selamat mengolahnya dengan resep selada gumbili khas Kalimantan Selatan bagi Anda yang masih berkutat di dapur. Sedangkan untuk Anda yang sudah menikmati hasilnya, semoga keluarga senang dan menerima hidangan Anda tersebut. Salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D