Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Sabtu, 05 Desember 2015

Resep Membuat Ulin-Ulin Khas Kalimantan Selatan

Advertisement
Advertisement

Resep Ulin-Ulin Khas Kalimantan Selatan – Ulin-ulin merupakan kue khas Kalimantan Selatan yang berbentuk bulat, mirip dengan untuk-untuk. Bedanya kalau ulin-ulin tidak menggunakan bahan isian dan proses pembuatannya dikukus sedangkan untuk-untuk menggunakan unti kacang hijau sebagai bahan isiannya serta proses pembuatannya digoreng. Kedua kue tersebut memang merupakan makanan favorit orang Banjar. Meskipun rasa dan proses pembuatannya berbeda, tetaplah lezat dan istimewa.

Di Kalimantan Selatan, masyarakat biasa menyajikan makanan ini untuk camilan di waktu santai dan suguhan bagi para tamu. Jadi, tidak heran jika di acara-acara tertentu Anda pasti menemukan makanan ini. Mereka juga tetap mempertahankan resep ulin-ulin khas Kalimantan Selatan sebagai panduan membuatnya. Karena resep tersebutlah ulin-ulin yang dihasilkan jauh lebih sedap dan nikmat.
Ulin-Ulin Khas Kalimantan Selatan
Ulin-Ulin Khas Kalimantan Selatan
Anda pun bisa meniru apa yang dilakukan masyarakat Banjar dengan membuatnya di rumah. Mengolah ulin-ulin di rumah dengan panduan resep tersebut tidaklah sulit. Sebab, Anda bisa menemukan bahan-bahan yang dibutuhkan di pasar serta mengikuti langkah-langkahnya dengan mudah. Jadi, bila Anda benar-benar penasaran dan ingin mencobanya silahkan membaca kelanjutan resep ulin-ulin khas Kalimantan Selatan di bawah ini.

Bahan:

  • ½ butir kelapa, diparut kasar
  • ¼ kg gula merah
  • 245 ml air
  • 275 gram tepung ketan
  • ¼ sendok teh garam

Cara Membuat:

  1. Setelah Anda menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan, ambil panci untuk mencampur parutan kelapa bersama garam, gula dan air secukupnya
  2. Rebus campuran tersebut hingga mengental. Angkat dan tuangkan ke dalam wadah berisi tepung ketan
  3. Aduk-aduk dan ketika sudah bisa dibentuk, bulat-bulatkan adonan hingga habis dan bisa dikukus semua
  4. Kukus ulin-ulin selama 20 menit hingga matang sembari dialasi daun pisang
  5. Angkat lalu sajikan di piring saji dan lekas dinikmati

70 buah kue akan dihasilkan oleh resep ulin-ulin khas Kalimantan Selatan. Dengan jumah sebanyak itu, Anda bisa membagi-bagikan untuk tetangga, keluarga, saudara dan teman-teman yang kebetulan sedang berkunjung ke rumah Anda. Namun, bila dirasa terlalu banyak Anda bisa mengurangi jumlah takaran bahan dan bumbu yang digunakan. Dengan jumlah sedikitpun Anda bisa membuat bahagia keluarga. Baca Juga : Resep Membuat Bingka Kentang Khas Kalimantan Selatan

Sesuaikan saja dengan jumlah anggota keluarga Anda agar tidak terlalu banyak dan bisa menghabiskan anggaran belanja. Lagipula bila Anda terlalu banyak membuatnya dan tidak termakan, kan sayang? Buat lagi di lain waktu dengan resep ulin-ulin khas Kalimantan Selatan. Kemudahan pembuatannya sudah Anda rasakan. Pasti tidak ragu lagi untuk membuatnya nanti! Selamat berkreasi dengan hidangan Anda dan semoga Anda puas dengan hasil yang diterima. Tunggu resep-resep selanjutnya dari kami dan sampai jumpa. Salam koki untuk Anda yang tetap berlatih sampai saat ini!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D