Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Jumat, 01 Januari 2016

Resep Membuat Growol Khas Kulonprogo

Advertisement
Advertisement

Resep Growol Khas Kulonprogo – Jawa Tengah memiliki kuliner yang beragam, mulai dari gudeg, lanting, geblek, wajik dan lain sebagainya. Makanan-makanan tersebutlah yang membuat berwisata ke salah satu daerah di sana menjadi lebih menyenangkan. Kalau daerah Jawa Tengah memiliki masakan yang berciri khas rasa manis, gurih dan penggunaan rempah-rempahnya cukup pas untuk lidah masyarakat. Kue-kuenya juga manis dan kenyal, seperti yang sudah disebutkan tadi.

Namun, ada sebuah makanan yang berasal dari Kulonprogo dengan rasa khas dan nikmat. Apa nama makanan tersebut? Growol adalah nama makanan yang berasal dari Kulonprogo dengan singkong serta parutan kelapa sebagai bahan pembuatnya. Rasanya manis, gurih dan mengenyangkan. Dijamin setelah menyantap makanan dengan resep growol khas Kulonprogo tersebut Anda tidak perlu sarapan lagi!
Growol Khas Kulonprogo
Growol Khas Kulonprogo
Ya, masyarakat menyajikan growol sebagai sarapan pagi karena rasanya nikmat dan pas sebagai pengganjal perut sebelum berangkat sekolah maupun kerja. Dengan menyantapnya di pagi hari, Anda tidak akan lapar sampai waktu makan siang tiba. Masih ragu menyantap makanan tradisional yang dibuat dari resep growol khas Kulonprogo ini? Jika sudah tidak, Anda bisa membelinya di pasar tradisional ketika berkunjung ke sana.

Namun, ada cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk merasakan nikmatnya sajian ini tanpa harus berkunjung ke kota asalnya. Adalah resep growol khas Kulonprogo di bawah ini yang akan memandu Anda menyajikannya. Asal dilakukan dengan benar dan sesuai instruksi, growol akan tersaji dengan nikmatnya.

Bahan:

  • 1.000 gram singkong
  • ¼ butir kelapa, diparut

Cara Membuat:

  1. Siapkan bahan-bahan dan bumbu untuk membuat hidangan growol khas Kulonprogo ini.
  2. Setelah itu, ambil singkong dan kupas. Kemudian cuci hingga bersih lalu rendam dalam air selama kurang lebih 3 hari
  3. Kalau sudah, angkat dan tiriskan singkong tersebut. Berikutnya adalah proses menumbuk singkong hingga halus
  4. Kukus singkong tersebut selama beberapa menit hingga matang, lalu angkat
  5. Selanjutnya taruh di atas tampah dan padatkan. Kemudian potong-potong growol sesuai selera dan hidangkan di piring saji bersama parutan kelapa

Itulah resep growol khas Kulonprogo. Pada saat proses perendaman, Anda tidak perlu mengganti air. Pakai saja air yang sama sejak pertama hingga hari ketiga. Anda juga bisa menyajikan growol dengan membungkusnya dalam daun pisang. Itu akan membuat aroma yang dihasilkan semakin membuat Anda terlena dan ingin menyantapnya. Untuk itu, segera buat saja di rumah supaya Anda yang masih membaca resep growol khas Kulonprogo ini bisa terhindar dari rasa penasaran! Baca Juga : Resep Membuat Kue Cincin Gula Merah Khas Kalimantan Selatan

Semoga resep growol khas Kulonprogo membantu Anda menyajikannya. Selamat menikmati dan salam koki! Tunggu resep-resep berikutnya dari kami dan jangan pernah berhenti berlatih.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D