Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Jumat, 29 Januari 2016

Resep Membuat Kapala Udang Belimbing Tunjuk Khas Kalimantan Selatan

Advertisement
Advertisement

Resep Kapala Udang Belimbing Tunjuk Khas Kalimantan Selatan – Sesuai dengan namanya, makanan ini menggunakan kepala udang sebagai bahan utamanya. Kuliner dengan kepala udang ini berasal dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Rasanya hampir mirip dengan hundang jarang manis, tapi jika kapala udang belimbing tunjuk ini lebih gurih dan lebih terasa rempah-rempahnya. Bila Anda ingin membuktikannya sendiri, silahkan bandingkan keduanya!

Nama belimbing tunjuk sendiri hanya sebuah istilah bagi makanan tersebut. Sebab, dalam resep kapala udang belimbing tunjuk khas Kalimantan Selatan, tidak ada belimbing sebagai bahan utama maupun pelengkapnya. Mungkin istilah tersebut untuk menggambarkan bentuk kepala udang yang mirip dengan belimbing tunjuk.
Kapala Udang Belimbing Tunjuk Khas Kalimantan Selatan
Kapala Udang Belimbing Tunjuk Khas Kalimantan Selatan
Di Kalimantan Selatan atau Banjarmasin, Anda bisa menemukan sajian dengan resep kapala udang belimbing tunjuk khas Kalimantan Selatan dengan mudah. Di warung, rumah makan dan di rumah-rumah masyarakat juga masih menghidangkan makanan ini sebagai salah satu menu makan siang maupun makan malam yang paling lezat. Anda dapat mencicipi kelezatan rasanya di sana, karena masyarakat masih menggunakan resep kapala udang belimbing tunjuk khas Kalimantan Selatan yang melegenda sejak dulu.

Akan tetapi, jika Anda sudah penasaran bagaimana rasanya silahkan mencicipi hidangan ini dengan cara membuatnya di rumah menggunakan resep kapala udang belimbing tunjuk khas Kalimantan Selatan. Proses pembuatannya tidak terlalu sulit, kok. Anda hanya perlu membaca keseluruhan isi resep dan mempraktekkannya dengan benar!

Bahan:

  • ½ kg kepala udang

Bumbu:

  • 1 buah tomat, iris
  • 1 buah cabai merah besar, iris
  • 1 siung bawang putih, iris
  • 2 siung bawang merah, iris
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Kaldu ayam bubuk secukupnya

Cara Membuat:

  1. Siapkan semua bahan dan bumbu yang digunakan untuk mengolahnya lalu cuci kepala udang sampai bersih
  2. Sisihkan terlebih dahulu untuk menumis bawang merah dan bawang putih bersama irisan tomat serta cabai merah besar.
  3. Aduk-aduk sampai layu lalu masukkan kepala udang bersama garam, gula pasir dan kaldu ayam bubuk secukupnya
  4. Aduk kembali lalu masak hingga udang matang. Angkat dan sajikan di mangkuk atau piring saji
  5. Hidangan kapala udang belimbing tunjuk siap dinikmati

Langsung nikmati makanan dengan resep kapala udang belimbing tunjuk khas Kalimantan Selatan ketika baru keluar dari wajan atau tempat memasaknya. Bersama nasi putih dan kerupuk, makanan ini sudah terasa nikmat. Silahkan saja Anda menghidangkannya di meja makan, pasti akan diserbu anggota keluarga lainnya. Baca Juga : Resep Membuat Binte Biluhuta Khas Gorontalo

Bila ingin membuatnya kembali, jangan lupa menyimpan resep kapala udang belimbing tunjuk khas Kalimantan Selatan di bookmark agar tidak kelupaan! Salam koki dan selamat berkreasi. Jangan lupa berlatih di rumah agar hidangan Anda senantiasa istimewa!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D