Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Sabtu, 30 Januari 2016

Resep Membuat Lontong Banjar Khas Kalimantan Selatan

Advertisement
Advertisement

Resep Lontong Banjar Khas Kalimantan Selatan – Lontong adalah hidangan yang biasa disajikan bersama sate ayam. Makanan ini terbuat dari beras yang dimasak dengan cara dimasukkan atau dibungkus daun pisang. Membuat lontong sama halnya dengan membuat ketupat, hanya tempat pembungkusnya saja yang berbeda. Rasa keduanya pun sama dan cocok untuk bahan utama menyantap aneka sayur lodeh atau gangan khas Banjarmasin.

Dengan menyantap lontong Banjar, Anda sudah bisa dipastikan kenyang tanpa harus menambah nasi putih lagi. Apalagi kalau sayurnya mendukung seperti sayur nangka muda ini. Jika disajikan pedas akan lebih nikmat. Dan jika Anda sudah keburu penasaran sebelum selesai membaca resep lontong banjar khas Kalimantan Selatan, Anda bisa mencobanya ketika berkunjung ke daerah tersebut.
 Lontong Banjar Khas Kalimantan Selatan
 Lontong Banjar Khas Kalimantan Selatan
Akan tetapi jika Anda ingin terus membaca resep lontong banjar khas Kalimantan Selatan, siapkan juga semua bahan serta bumbunya. Anda bisa langsung mengolah hidangan ini setelah membaca dan memahami isi resepnya. Tenang saja, sebab bahan-bahan dan bumbu yang digunakan tidak terlalu sulit. Lagipula langkah-langkah yang harus Anda terapkan juga sudah bisa dipastikan dapat dipahami dengan mudah.

Hanya perhatikan keseluruhan resep lontong banjar khas Kalimantan Selatan di bawah ini untuk lebih lanjutnya!

Bahan:

  • 3 ons nangka muda
  • 1.000 ml santan
  • 2 sendok teh garam
  • 2 sendok makan gula
  • Lontong secukupnya
  • Bumbu Halus:
  • 1 cm kunyit
  • 1 cm laos
  • 2 siung bawang putih
  • 6 butir bawang merah

Cara Membuat:

  1. Langkah pertama setelah menyiapkan semua bahan dan bumbu adalah mencuci nangka muda hingga bersih
  2. Kemudian silahkan merebusnya sampai empuk dan matang. Angkat lalu saring dan buang airnya
  3. Sisihkan sebentar untuk membuat gangan nangka dengan memasukkan santan bersama bumbu halus serta nangka muda tersebut ke dalam panci
  4. Tambahkan juga gula pasir dan garam lalu rebus sampai matang. Jika sudah, matikan kompor dan siapkan mangkuk saji
  5. Potong-potong lontong lalu susun dalam mangkuk. Setelah itu, siram dengan kuah gangan nangka tadi
  6. Sajikan di meja makan dan silahkan dinikmati

Sajian dari resep lontong banjar khas Kalimantan Selatan siap dinikmati. Rasa lembut dari lontong yang berpadu dengan gangan nangka membuat Anda ingat akan kampung halaman. Pasti rasanya yang sedap mengingatkan Anda pada keluarga dan teman-teman yang biasa menyantapnya bersama Anda. Baca Juga : Resep Membuat Nasi Cakalang Khas Sulawesi Utara

Tenang saja, hidangan ini akan terus Anda nikmati selama resep lontong banjar khas Kalimantan Selatan juga tidak terhapus dari bookmark Ana. Buatlah kembali dan kembalikan memori indah bersama keluarga! Selamat berkreasi dengan hidangan Anda dan jangan lupa berlatih memasak. Salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D