Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Sabtu, 30 Januari 2016

Resep Membuat Mandai Goreng Khas Kalimantan Selatan

Advertisement
Advertisement

Resep Mandai Goreng Khas Kalimantan Selatan – Masyarakat Banjar memiliki kuliner dengan keunikan rasa yang tak ternilai harganya. Kuliner-kuliner tersebut merupakan warisan dari nenek moyang yang sudah sepatutnya dilestarikan. Ada satu kuliner yang unik, yaitu mandai goreng khas Kalimantan Selatan. Hidangan ini biasa disebut mandai basang atau kulit cempedak yang digoreng. Namun, sebenarnya orang Banjar biasa menyebut kulit cempedak sebagai dami atau mandai. Makanan inilah yang sering dirindukan orang Banjar yang berkelana atau bekerja jauh dari kampung.

Makanan tersebut biasa digunakan sebagai lauk yang paling lezat oleh orang Banjar. Jadi, bila Anda ingin mencicipinya dengan segera, datang saja ke Kalimantan Selatan. Setelah itu, Anda pasti akan tahu bagaimana rasanya dan apa yang membuat makanan dari resep mandai goreng khas Kalimantan Selatan tersebut menjadikan penikmatnya tergila-gila!
Ada sedikit tips untuk Anda yang ingin mengolahnya dengan resep mandai goreng khas Kalimantan Selatan di rumah. Anda harus mengupas bagian luar kulit cempedak sampai terlihat warna putih lalu membersihkanya. Setelah itu, Anda bisa merendamnya dengan air selama beberapa jam lalu bisa segera diolah menjadi masakan kesukaan Anda, seperti digoreng misalnya!
Mandai Goreng Khas Kalimantan Selatan
Mandai Goreng Khas Kalimantan Selatan
Begitu mudah cara membuatnya dengan resep mandai goreng khas Kalimantan Selatan. Anda pasti bisa membuatnya karena bahan yang digunakan tidaklah sulit!

Bahan:

  • Mandai atau kulit cempedak yang sudah dibersihkan
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu:

  • Bawang merah secukupnya
  • Bawang putih secukupnya
  • Cabai merah secukupnya
  • Cabai hijau secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara Membuat:

  1. Langkah pertama adalah menyiapkan semua bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan, lalu membersihkan kulit cempedak
  2. Setelah dibersihkan, kulit cempedak bisa dipotong-potong sesuai selera lalu cuci sampai bersih
  3. Campur semua bumbu dan haluskan bersama lalu masukkan mandai atau kulit cempedak ke dalamnya
  4. Aduk-aduk sampai rata atau Anda bisa mengoleskannya pada kulit cempedak supaya bumbu menyatu
  5. Kemudian panaskan minyak goreng secukupnya hingga panasnya merata supaya mandai bisa digoreng dengan mudah
  6. Lalu gorenglah mandai dalam minyak tersebut sampai matang pas dan angkat serta tiriskan
  7. Mandai goreng siap disajikan di piring saji untuk dinikmati

Setelah makanan dari resep mandai goreng khas Kalimantan Selatan jadi, Anda bisa menyajikannya di piring saji untuk langsung dinikmati bersama nasi putih yang masih hangat ataupun dengan sambal yang pas untuk sajian ini. Rasanya yang nikmat pasti akan menggelitik lidah Anda! Buktikan saja sendiri. Baca Juga : Resep Membuat Manisan Pala Khas Sulawesi Utara

Nah, itulah akhir dari resep mandai goreng khas Kalimantan Selatan. Semoga Anda bisa menghidangkannya dengan segera dan jangan lupa memasak resep-resep berikutnya dari kami. Salam koki dan sampai jumpa!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D