Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Minggu, 28 Februari 2016

Resep Membuat Bandrek Khas Cianjur

Advertisement
Advertisement

Resep Bandrek Khas Cianjur – Cianjur merupakan salah satu kota yang ada di Jawa Barat. Seperti kita ketahui bahwa Jawa Barat memiliki aneka kuliner yang identik dengan rasa manis. Banyak pula minuman hangat yang tercipta di sana, salah satunya bandrek ini. Walaupun bisa Anda temukan di berbagai tempat di Jawa Barat, namun beberapa daerah seperti Cianjur menjadikannya sebagai minuman khas mereka. Penasaran dengan bandrek ini?

Tak berbeda dengan minuman hangat lainnya, seperti cemoe, bandrek juga menggunakan jahe bakar sebagai campurannya. Sehingga aroma jahe yang tercipta sangatlah menggoda. Apalagi berpadu dengan cengkeh, kayu manis serta daun pandan. Semakin memberikan cita rasa alami yang menghangatkan tubuh. Tentu saja diolah dengan baik menggunakan resep bandrek khas Cianjur.
Bandrek Khas Cianjur
Bandrek Khas Cianjur
Anda tidak boleh kalah dengan negara-negara tetangga yang menyukai minuman hangat ini, seperti Belanda, Jerman, Italia serta Timur Tengah dan negara-negara di Asia Tenggara. Bila ingin merasakan kehangatan serta kenikmatannya, Anda harus berkunjung ke Cianjur sekali-sekali. Namun, bila keberatan Anda bisa mengolahnya sendiri di rumah dipandu resep bandrek khas Cianjur ini.

Proses pembuatannya dengan resep tersebut tidaklah sulit, karena Anda hanya akan mengikuti beberapa langkah penting saja, seperti merebus air bersama bahan-bahan lainnya, menyaringnya lalu menyajikannya dalam gelas saji. Dalam beberapa menit, resep bandrek khas Cianjur telah dapat menuntun Anda mengolahnya dengan baik.

Bahan:

  • 1 liter air
  • 2 ons gula merah, disisir halus
  • 1 ons jahe bakar, dimemarkan
  • 5 butir cengkeh kering
  • 5 cm kayu manis
  • 2 lembar daun pandan
  • ½ sendok teh garam

Bahan Pelengkap:

  • Nata de coco secukupnya
  • Kolang kaling secukupnya

Cara Membuat:

  1. Siapkan semua bahan yang digunakan untuk membuat bandrek khas Cianjur sesuai dengan takaran di atas
  2. Berikutnya, rebus air bersama daun pandan, cengkeh kering, jahe bakar yang telah dimemarkan, kayu manis serta garam sampai mendidih
  3. Kalau sudah beraroma harum dan sedap, Anda bisa menyaring semua bahan tersebut lalu menuangkannya ke dalam gelas saji yang telah disiapkan sebelumnya
  4. Sebelumnya, Anda bisa menambahkan bahan pelengkap yaitu kolang kaling serta nata de coco.
  5. Minuman bandrek khas Cianjur siap disajikan dan dinikmati selagi masih hangat

Baca Juga : Resep Membuat Nasi Kuning Banjar Khas Kalimantan Selatan
Minuman yang dibuat dengan resep bandrek khas Cianjur ini memang cocok diseruput ketika musim dingin tiba. Selain kolang kaling dan nata de coco, Anda bisa menambahkan kacang goreng atau mutiara dalam bandrek tersebut. Dijamin rasanya lebih lengkap dan membuat Anda ketagihan. Sajikan untuk keluarga dan acara-acara penting lainnya, terutama acara yang diselenggarakan di malam hari. Selamat menikmati dan salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D