Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Minggu, 28 Februari 2016

Resep Membuat Bolu 8 Jam Khas Sumatera Selatan

Advertisement
Advertisement

Resep Bolu 8 Jam Khas Sumatera Selatan – Palembang, Sumatera Selatan memiliki kuliner dengan nama yang sangat unik, yaitu bolu 8 jam. Dinamakan demikian karena proses pengukusannya memang memakan waktu 8 jam. Karena jika kurang dari 8 jam, hasilnya akan kenyal serta mudah hancur dan belum membentuk adonan yang kuat. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin membuatnya, harus sesuai dengan aturan yang ada dalam resep bolu 8 jam khas Sumatera Selatan.

Kue yang sering disebut juga dengan bolu lapan jam ini memiliki rasa yang manis serta nikmat sekali. Akan tetapi, kekurangannya adalah tidak tahan lama. Sehingga kurang efektif bila dibawa ke luar kota maupun disantap dalam jangka waktu yang panjang. Kue ini hanya bertahan kurang lebih 2 hari saja. Untuk itu, bagi yang tinggal di luar kota, kami punya solusi untuk Anda. Dengan membuatnya menggunakan resep bolu 8 jam khas Sumatera Selatan, semua masalah teratasi.

Bolu 8 Jam Khas Sumatera Selatan
Bolu 8 Jam Khas Sumatera Selatan

Mengolahnya sendiri di rumah dengan resep tersebut memang memudahkan Anda. Pasalnya, bahan-bahan yang digunakan tidak terlalu sudah ditemukan. Hanya saja, prosesnya yang sangat lama kadang membuat orang malas mengolahnya sendiri. Namun, jika Anda ingin berlatih, coba baca resep bolu 8 jam khas Sumatera Selatan ini dan praktekkan sendiri. Ingat, dalam mengukusnya Anda harus menggunakan kayu bakar supaya lebih sedap dan hasilnya sesuai selera.

Bahan:

  • 22 butir telur bebek
  • 2 butir telur ayam
  • 2 sendok makan tepung terigu
  • 1 kaleng susu kental manis
  • 4,2 ons gula pasir
  • ½ ons margarin, dicairkan
  • ½ sendok teh vanili

Cara Membuat:

  1. Langkah pertama adalah menyiapkan semua bahan dan pelengkap yang digunakan untuk mengolah bolu 8 jam khas Sumatera Selatan
  2. Setelah itu, Anda bisa mengocok telur bersama gula pasir sampai larut, namun jangan terlalu mengembang
  3. Saring lalu taruh dalam wadah. Tuangi susu kental manis dan aduk-aduk sembari menambahkan terigu serta vanili
  4. Masukkan juga margarin yang sudah dicairkan sembari tetap diaduk. Berikutnya, siapkan loyang dengan ukuran 20x20 cm
  5. Olesi loyang tersebut dengan margarin tipis-tipis lalu tuang adonan ke dalamnya sambil diratakan
  6. Selanjutnya, didihkan air dalam kukusan selama beberapa saat. Lalu kukus adonan selama delapan jam menggunakan api kecil sampai matang.
  7. Tutup dandang dengan kain supaya uapnya tidak menetes pada kue yang Anda kukus.
  8. Kalau sudah, angkat dan keluarkan dari kukusan. Dinginkan sebentar sebelum dipotong-potongi sesuai selera.
  9. Sajikan kue bolu 8 jam di piring saji dan siap dinikmati

Baca Juga : Resep Membuat Nasi Kuning Khas Gorontalo
Itulah resep bolu 8 jam khas Sumatera Selatan yang bisa Anda praktekkan di rumah. Sedikit tips, tujuan mendidihkan air dalam kukusan sebelum memasukkan loyang ke dalamnya adalah supaya permukaan kue tidak menggembung. Kalau air tersebut berkurang, Anda harus menambahkan dengan air panas supaya tidak kering. Selamat menikmati dan salam koki!

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D

 


Suka

Langganan Resep Terbaru

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana