Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Senin, 22 Februari 2016

Resep Membuat Tamun Pasuan Khas Riau

Advertisement
Advertisement

Resep Tamun Pasuan Khas Riau – Pernah mendengar kue clorot dari salah satu daerah di Jawa atau kue dumbeg dari Rembang? Kue tersebut ternyata memiliki kembaran di Riau dengan nama tamun pasuan. Namun, terdapat perbedaan antara keduanya. Perbedaan yang paling kentara terlihat pada pembungkusnya. Tamun pasuan dibungkus dengan daun pisang sedangkan clorot dan dumbeg menggunakan janur sebagai pembungkusnya.

Perbedaan lainnya terletak pada bahan dan proses pembuatannya. Dalam resep tamun pasuan khas Riau, terdapat tepung sagu sebagai salah satu campuran yang digunakan, sedangkan dumbeg hanya menggunakan tepung beras, santan serta gula merah dan bahan pelengkap saja. Jika ditinjau dari segi tekstur memang terlihat sama, namun rasanya sedikit berbeda. Tamun pasuan lebih gurih daripada dumbeg karena adanya tepung sagu tersebut.

Tamun Pasuan Khas Riau
Tamun Pasuan Khas Riau
Anda bisa menemukannya dengan mudah di Riau. Namun, bila Anda sudah penasaran dengan makanan ini, silahkan mengolahnya di rumah menggunakan resep tamun pasuan khas Riau. Bahan-bahan pembuatnya sangat mudah ditemukan, seperti yang sudah dijelaskan di atas. Prosesnya juga tidak membingungkan Anda.

Dengan membaca kelanjutan resep tamun pasuan khas Riau di bawah ini, Anda sudah bisa mengolahnya dengan baik.

Bahan:

  • 1 ½ ons gula merah, sisir halus
  • 3 ½ ons santan dari ½ butir kelapa
  • 200 ml air
  • 1 ½ ons tepung beras
  • 1 sendok makan tepung sagu
  • ¼ sendok teh garam
  • Daun pisang secukupnya
  • Ampas kelapa sebagai pengukus secukupnya

Cara Membuat:

  1. Sesudah bahan-bahan dan bumbu siap, Anda bisa membentuk daun pisang menjadi kerucut dengan jumlah 35 buah
  2. Kemudian sisihkan dulu untuk merebus gula merah bersama air sembari diaduk hingga larut. Saring
  3. Tuangkan larutan santan dalam tepung beras serta tepung sagu dan garam dalam ebuah wadah lalu aduk merata
  4. Kalau sudah, tuangkan adonan tersebut ke dalam daun pisang yang sudah dibentuk kerucut. Lakukan langkah tersebut sampai adonan habis dan sesuai dengan jumlah daun pisang
  5. Taruh bungkusan tersebut di atas ampas kelapa yang diletakkan di atas pinggan tahan panas. Kukus selama setengah jam hingga matang
  6. Angkat lalu sajikan dalam wadah. Hidangan tamun pasuan khas Riau siap disajikan untuk dinikmati

Resep tamun pasuan khas Riau di atas akan menghasilkan 35 buah hidangan yang bisa Anda santap bersama keluarga, teman dan saudara serta tetangga. Takaran bahan maupun bumbunya bisa ditambah atau dikurangi sesuai dengan kebutuhan. Anda juga bisa menyajikannya sebagai suguhan para tamu yang datang pada hari raya.

Baca Juga : Resep Membuat Daging Masak Tuha Khas Kalimantan Selatan
Sekian resep tamun pasuan khas Riau. Selamat menikmati dan salam koki. Jangan lupa mencoba resep-resep lainnya dari kami!

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D

 


Suka

Langganan Resep Terbaru

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana