Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Selasa, 09 Februari 2016

Resep Membuat Tili Aya Khas Gorontalo

Advertisement
Advertisement

Resep Tili Aya Khas Gorontalo – Tili aya adalah makanan khas Gorontalo yang menggunakan gula merah sebagai bahan utamanya. Gula merah yang disisir halus kemudian dimasak bersaa santan kelapa dengan cara dikukus dalam loyang. Setelah matang, baru disajikan di piring saji, sesudah dipotongi sesuai selera. Makanan ini memiliki rasa yang manis dan nikmat, serta cocok digunakan untuk camilan di waktu santai. Anda pasti butuh teman minum kopi, bukan?

Ketika berkunjung ke Gorontalo, sempatkan diri untuk membeli makanan ini di penjual kue. Banyak yang menjajakan kuenya di pinggir jalan dengan aneka warna, bahan serta rasa. Anda bisa memilih tili aya sebagai salah satu yang akan dibeli. Lalu silahkan menikmatinya dan menjadikan jajanan tersebut sebagai bekal di perjalanan. Rasanya yang khas dijamin tidak akan pernah Anda lupakan, karena diolah dengan benar oleh resep tili aya khas Gorontalo.
Tili Aya Khas Gorontalo
Tili Aya Khas Gorontalo
Anda pun juga bisa membuat sajian ini di rumah dengan resep tili aya khas Gorontalo. Proses pembuatannya sangatlah mudah, karena bahan-bahan yang digunakan juga tidak sulit dicari. Anda hanya harus mencermati keseluruhan isi resep tili aya khas Gorontalo agar tidak membuat kesalahan pada saat proses pembuatannya!

Bahan:

  • 3,6 ons gula merah, sisir halus
  • 6 butir telur ayam
  • 300 ml santan kelapa
  • ½ sendok teh garam
  • Minyak goreng atau margarin secukupnya
  • Daun pisang secukupnya

Cara Membuat:

  1. Siapkan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk membuat tili aya khas Gorontalo kemudian lakukan langkah pertama
  2. Campur telur ayam bersama sisiran gula merah serta garam dapur. Kocok dalam sebuah wadah sampai rata serta gula dan garam larut bersama telur tersebut
  3. Tuangkan santan kelapa sedikit demi sedikit sembari tetap diaduk rata. Setelah itu, siapkan loyang dengan ukuran 18x18x4 cm yang sudah diolesi minyak goreng sebelumnya
  4. Alasi loyang tersebut dengan daun pisang lalu tuangkan adonan di atasnya dan ratakan. Kemudian kukus selama 40 menit sampai matang sempurna
  5. Angkat lalu dinginkan selama beberapa menit kemudian potong-potong sesuai selera dan sajikan di piring saji
  6. Hidangan tili aya siap dinikmati

Benar yang dikatakan sebelumnya, bahwa makanan dari resep tili aya khas Gorontalo ini cocok untuk teman minum kopi. Anda bisa menyajikannya saat acara kumpul bareng keluarga berlangsung, entah itu di acara arisan, syukuran maupun hari raya.

Baca Juga : Resep Membuat Bakwan Jagung Khas Sulawesi Utara
Nikmatnya akan terus melekat dalam diri Anda selama resep tili aya khas Gorontalo juga tersimpan dengan baik di bookmark maupun catatan Anda. Selamat mengolahnya dan jangan pernah berhenti berlatih untuk menghidangkan sajian istimewa bagi keluarga Anda. Salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D