Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Kamis, 25 Februari 2016

Resep Membuat Tinutuan Khas Sulawesi Utara

Advertisement
Advertisement

Resep Tinutuan Khas Sulawesi Utara – Di Indonesia bisa kita temukan bubur dengan aneka rasa, seperti bubur ayam, bubur kacang hijau, bubur merah dan masih banyak lagi. Bahkan di supermarket saja Anda bisa mendapatkan bubur instant yang dapat dibuat dengan sederhana di rumah. Hanya butuh waktu beberapa menit saja sudah jadi. Namun, pasti ada yang kurang, bukan? Kadang bubur-bubur instant tersebut tidak sesuai dengan keinginan Anda?

Meskipun demikian, Anda bisa membuat bubur sendiri di rumah. Banyak resep yang bisa membantu Anda menyajikannya, meskipun butuh waktu yang tak secepat membuat bubur instant. Akan tetapi, hasilnya pasti sesuai dengan selera Anda. Salah satu resep yang bisa Anda coba adalah resep tinutuan khas Sulawesi Utara ini.

Tinutuan Khas Sulawesi Utara
Tinutuan Khas Sulawesi Utara
Apa itu tinutuan? Tinutuan adalah bubur yang disajikan bersama bayam, jagung manis serta ubi dengan kaldu ayam. Yang membuat bubur ini berbeda dengan yang lainny terletak pada cara mengolanya sesuai dengan resep tinutuan khas Sulawesi Utara. Semua bahan seperti beras dan tambahan yang telah disebutkan tadi diolah secara bersama-sama sehingga bercampur jadi satu. Tidak seperti bubur lainnya yang diolah secara terpisah.

Dengan demikian Anda bisa merasakan kenikmatan yang tercipta secara lengkap tanpa perlu mengaduknya lagi. Kalau tidak percaya, silahkan coba resep tinutuan khas Sulawesi Utara di bawah ini untuk membuktikannya.

Bahan:
  • 1 buah jagung manis
  • 1 ons bayam
  • 2 ons beras biasa
  • 2 ½ ons singkong atau ubi, kupas
  • 3.000 ml air
  • 1 batang serai
  • 1 bungkus kaldu ayam bubuk
Cara Membuat:
  1. Langkah pertama, siapkan semua bahan dan bumbu yang diperlukan untuk membuat sajian tinutuan khas Sulawesi Utara
  2. Berikutnya, ambil jagung manis, bayam sayur dan ubi untuk dicuci sampai bersih. Lakukan hal itu juga pada beras biasa. Tiriskan
  3. Setelah itu, potong-potong ubi tersebut sesuai selera. Kemudian memarkan batang serai dan masukkan dalam panci
  4. Tambahkan beras dan kaldu ayam bubuk. Lalu tuangkan air ke dalamnya dan masak sampai mendidih serta matang sembari diaduk-aduk sampai rata
  5. Masukkan potongan ubi lalu masak hingga lunak serta empuk. Selanjutnya, masukkan jagung manis dan aduk sebentar
  6. Terakhir, masukkan daun bayam lalu masak hingga matang. Angkat lalu sajikan di mangkuk saji
  7. Hidangan tinutuan khas Sulawesi Utara siap dinikmati.
Baca Juga : Resep Membuat Pilitode Khas Gorontalo
Menarik sekali, ya mengolah resep tinutuan khas Sulawesi Utara ini. Anda bisa menyajikannya sebagai sarapan pagi. Selain nikmat juga menyehatkan, karena menggunakan bahan-bahan alami berupa sayur-sayuran serta ubi. Pasti dapat menambah tenaga dan energi Anda sebelum beraktifitas. Selamat mencobanya dan salam koki! Tunggu resep-resep berikutnya dari kami.

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D

 


Suka

Langganan Resep Terbaru

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana