Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Sabtu, 05 Maret 2016

Resep Membuat Kemplang Panggang Khas Sumatera Selatan

Advertisement
Advertisement

Resep Kemplang Panggang Khas Sumatera Selatan – Palembang memang memiliki beragam kuliner yang berbahan dasar hasil laut. Ada banyak sekali makanan yang menggunakan ikan tenggiri terutama, seperti aneka pempek yang terkenal di seluruh Indonesia tersebut. Namun, sebenarnya ada lagi sajian yang tak boleh Anda lewatkan ketika berkunjung ke sana. Yang harus Anda bawa sebagai oleh-oleh keluarga di rumah.

Kerupuk tenggiri sebetulnya sudah bukan makanan yang asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Warnanya yang kuning kecoklatan dan berbentuk bulat sangat gurih disantap. Demikian halnya dengan sajian khas Palembang yang diolah menggunakan resep kemplang panggang khas Sumatera Selatan ini. Namanya memang kemplang, tapi orang lebih mengenalnya dengan nama kerupuk tenggiri.

Kemplang Panggang Khas Sumatera Selatan
Kemplang Panggang Khas Sumatera Selatan
Kemplang memang ada dua jenis, digoreng dan dipanggang. Bentuk keduanya sama, bulat atau lonjong dengan ketebalan sekitar ½ cm. Akan tetapi rasa dan aromanya sedikit berbeda, karena proses pembuatannya juga berbeda. Dan kali ini Anda akan dibawa berkreasi bersama resep kemplang panggang khas Sumatera Selatan.

Untuk mengolahnya dengan resep kemplang panggang khas Sumatera Selatan, Anda tidak harus menggunakan ikan tenggiri. Ikan lain yang bisa digunakan adalah ikan gabus. Karena proses pembuatannya berbeda dengan pempek, adonan harus diuleni lebih banyak. Perhatikan kelanjutannya secara lengkap di bawah ini!

Bahan:

  • 1.000 gram ikan tenggiri
  • 2.000 gram sagu
  • ¾ liter air
  • 4 ½ ons garam
  • 1 ½ ons penyedap rasa

Cara Membuat:

  1. Siapkan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk mengolah kemplang panggang khas Sumatera Selatan
  2. Kalau sudah, cuci bersih ikan tersebut lalu giling dagingnya sampai halus. Campur gilingan daging tersebut dengan air, bumbu penyedap rasa serta garam
  3. Aduk-aduk sampai rata sembari memasukkan sagu sedikit demi sedikit. Uleni adonan tersebut hingga kalis
  4. Berikutnya, timbang adonan masing-masing 1 kg dan buat lenjeran. Jika sudah jadi, rebuslah langsung selama satu jam
  5. Angkat lalu iris-iris sesuai selera, kemudian tata di atas tampah. Lakukan langkah ini sampai adonan habis, lalu jemur hingga kering
  6. Sesudah kering, angkat lalu panggang beberapa menit. Sajikan kemplang panggang dalam toples atau plastik.
  7. Sajian khas Sumatera Selatan siap dinikmati.

Baca Juga : Resep Membuat Nasi Samin Khas Kalimantan Selatan
Resep kemplang panggang khas Sumatera Selatan tersebut bisa Anda kemas plastik jika ingin dijual. Namun, jika untuk dinikmati sendiri saja lebih baik disimpan dalam toples yang tertutup rapat. Sedikit tips, Anda bisa menyimpan adonan yang telah direbus serta dijemur dalam kulkas sebelum diiris. Hal tersebut bertujuan untuk menghasilkan kemplang yang lebih renyah.

Sekian resep kemplang panggang khas Sumatera Selatan. Selamat menikmati dan salam koki. Tunggu resep-resep berikutnya dari kami!

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D

 


Suka

Langganan Resep Terbaru

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana