Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Sabtu, 26 Maret 2016

Resep Membuat Kolmbeng Khas Jogja

Advertisement
Advertisement

Resep Kolmbeng Khas Jogja – Kolmbeng merupakan kue yang sudah ada sejak dulu kala. Kue dengan nama unik ini biasa dieja dengan kolombeng oleh warga sekitar. Kue ini berasal dari Jogja dan memiliki rasa manis serta gurih. Anda bisa mencobanya ketika berkunjung ke sana. Sebab, kolmbeng akan sangat mudah ditemukan.

Jajanan yang berbentuk kotak ini dijual di berbagai tempat, seperti penjual kue di pinggir jalan dan pasar tradisional. Rasanya yang nikmat dan mengenyangkan membuat penggemarnya tidak sedikit. Apalagi kalau tahu bahwa makanan tersebut diolah dengan resep kolmbeng khas Jogja, yang artinya tidak mengurangi kekhasan rasa yang tercipta.
Kolmbeng Khas Jogja
Kolmbeng Khas Jogja
Bila Anda tertarik untuk mengolah jajanan ini, gunakan saja resep kolmbeng khas Jogja. Resep tersebut menggunakan bahan-bahan yang tidak terlalu banyak, langkah-langkah yang mudah diterapkan dan hasil yang istimewa maksimal! Bila Anda tidak percaya, buktikan sendiri dengan mengolahnya di dapur. Hasilnya, kan bisa Anda makan bersama keluarga sebagai camilan di waktu santai!

Resep kolmbeng khas Jogja akan membantu Anda menghadirkannya di dapur dengan sangat mudah. Oleh karena itu, Anda harus membaca resep tersebut dari awal sampai akhir supaya mudah menerapkannya!

Bahan:

  • 15-30 butir telur
  • Gula pasir secukupnya
  • Tepung terigu secukupnya
  • Ovalet secukupnya

Cara Membuat:

  1. Langkah pertama adalah menyiapkan bahan-bahan yang akan digunakan untuk mengolah kolmbeng.
  2. Setelah itu, kocok telur sampai mengembang dan campur bersama tepung terigu serta gula pasir kemudian aduk selama seperempat jam sampai rata
  3. Tambahkan ovalet supaya adonan menjadi lebih lembut. Kalau sudah, cetak kolmbeng dengan bentuk bulat ataupun kotak
  4. Siapkan loyang yang telah diolesi mentega sebelumnya, kemudian panggang dalam oven tradisional dengan suhu kira-kira 180-200 derajat Celcius selama 20 menit
  5. Kalau sudah matang merata, angkat lalu sajikan di piring saji sebelum menyimpannya dalam toples. Hidangan kolmbeng siap dinikmati.

Baca Juga : Resep Membuat Haruan Masak Kecap Khas Kalimantan Selatan
Demikian resep kolmbeng khas Jogja yang telah Anda buat dengan segenap hati. Anda bisa menyajikannya untuk para tamu yang datang ke acara Anda, sebagai sajian hari raya maupun hanya untuk camilan saja. Nah, informasi untuk Anda bahwa kue kolmbeng ini akan bertahan kira-kira sampai 10 hari, sebab tidak menggunakan bahan pengawet yang membuatnya bisa bertahan lebih lama dari itu. Namun, masyarakat sekitar biasa menyantapnya dengan cara mendiamkan terlebih dahulu kue ini selama 1-2 hari, lalu memanggangnya kemudian.

Hal tersebut dilakukan supaya tekstur kue lebih padat serta mengenyangkan. Jadi, Anda tidak perlu menyantap nasi lagi setelah melahapnya. Jangan lupa menyimpan resep kolmbeng khas Jogja ini, ya supaya Anda bisa mengolahnya kembali. Selamat menikmati dan salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D