Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Minggu, 27 Maret 2016

Resep Membuat Kolomben Khas Sulawesi Utara

Advertisement
Advertisement

Resep Kolomben Khas Sulawesi Utara – Kolomben merupakan kue yang berasal dari Manado, Sulawesi Utara. Kue tersebut bentuk dan teksturnya mirip dengan kue bolu kukus. Tak jauh berbeda karakter keduanya, sebab kue tersebut sering dihidangkan di acara-acara seperti pesta pernikahan, ulang tahun dan sebagainya. Meskipun begitu, tentu saja terdapat kekhasan rasa yang tidak dimiliki satu sama lain.

Jika Anda ingin mencicipinya, silahkan datang ke Manado. Kue dengan resep kolomben khas Sulawesi Utara tersebut akan dengan mudah ditemukan. Anda bisa membelinya, baik di pasar tradisional maupun penjual kue yang menjajakan dagangannya di pinggir jalan. Namun, jika Anda memilih mengolahnya sendiri di rumah, kami memiliki solusinya.
Kolomben Khas Sulawesi Utara
Kolomben Khas Sulawesi Utara
Di bawah ini sudah tertulis bahan-bahan yang ada dalam resep kolomben khas Sulawesi Utara. Tidak hanya itu, langkah-langkah pembuatannya pun dapat Anda praktekkan dengan sederhana. Ada tips-tips pengolahannya pula. Maka dari itu, jangan lewatkan untuk membacanya sampai habis!

Bahan:

  • 2 ons gula pasir
  • 2 ¾ ons tepung terigu protein sedang
  • 2 butir telur
  • 225 ml minuman soda
  • 2 sendok teh emulsifier
  • 2 tetes pewarna makanan merah
  • 2 tetes pewarna makanan hijau
  • ½ sendok teh esens vanili
  • ½ sendok teh baking powder

Cara Membuat:

  1. Setelah semua bahan siap, Anda bisa mencampurkan telur, gula pasir dan emulsifier dalam sebuah wadah
  2. Kocok sampai kaku selama kira-kira 10 menit. Selanjutnya, ayak tepung terigu beserta baking powder
  3. Campurkan dengan minuman bersoda seperti sprite kemudian kocok perlahan kembali. Tambahkan esens vanili sembari tetap diaduk rata
  4. Kalau sudah tercampur rata, ambil masing-masing 50 gram adonan lalu beri pewarna merah dan aduk rata
  5. 50 gram lainnya bisa Anda beri pewarna hijau lalu sisanya dibiarkan berwarna putih saja. Masukkan adonan putih tersebut pada cetakan bolu kukus yang sudah dilapisi kertas kue
  6. Variasikan dengan menambah adonan merah serta hijau di bagian atasnya. Jika sudah, kukus selama 10 menit menggunakan api besar
  7. Angkat lalu sajikan di piring saji untuk dinikmati

Baca Juga : Resep Membuat Haruan Masak Habang Khas Kalimantan Selatan
Itu tadi merupakan resep kolomben khas Sulawesi Utara yang sudah Anda terapkan di dapur untuk sajian favorit keluarga. Ada tips yang bisa Anda lakukan supaya kolomben bisa mengembang sempurna, yaitu pastikan panci pengukus sudah Anda panaskan sampai mendidih sebelum memasukkan kue bolu ke dalamnya. 

Lapisi juga penutupnya menggunakan kain lap yang bisa menyerap uap air agar tidak menetes. Cek kematangan dengan menusukkan lidi pada kue kolomben, jika tak ada adonan yang menempel sudah bisa dipastikan bahwa kue tersebut matang.
Sekian resep kolomben khas Sulawesi Utara dan salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D