Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Selasa, 08 Maret 2016

Resep Membuat Kue Satu Khas Kuningan

Advertisement
Advertisement

Resep Kue Satu Khas Kuningan – Kuningan tidak hanya terkenal dengan hidangan hucap atau tahu kecapnya. Banyak sajian lainnya, seperti rujak kangkung, papais, peuyeum ketan dan kue kering yang bernama kue satu. Kue kering yang satu ini memang sudah terkenal di masyarakat luas. Pasalnya, banyak dijual di berbagai toko kue maupun swalayan. Rasanya yang khas membuat banyak orang menyukainya.

Kenapa dinamakan kue satu? Menurut cerita para warga, nama tersebut diambil menurut cara menyantapnya, yaitu harus satu-satu. Artinya, tidak boleh langsung memakan dua atau tiga kue sekaligus. Unik, bukan sajian yang terbuat dari resep kue satu khas Kuningan ini? Walaupun begitu, ternyata banyak daerah yang juga memiliki sajian yang hampir sama dengan kue satu ini.

Kue Satu Khas Kuningan
Kue Satu Khas Kuningan
Banyuwangi memiliki kue yang kurang lebih sama. Namanya juga kue satuh, tapi terbuat dari tepung ketan dan gula merah. Riau juga punya kue bangket yang teksturnya sama, namun menggunakan sagu sebagai bahan utamanya. Meskipun begitu, makanan yang dibuat dari resep kue satu khas Kuningan ini tidak kalah enak.

Lebaran sebentar lagi, bukan? Kurang afdol jika Anda tidak menyajikan kue ini sebagai salah satu hidangannya. Para tamu akan sangat menyukai kue satu ini, apalagi kalau disajikan dengan bentuk yang lucu. Namun, Anda harus menyiapkan minuman juga, karena menyantap kue satu bisa membuat tenggorokan kering alias haus. Nah, di bawah ini ada resep kue satu khas Kuningan yang bisa Anda coba buat.

Bahan:

  • 2 ons kacang hijau
  • 1 ¾ ons gula halus
  • 2 sendok makan air
  • ¼ sendok teh essence vanili

Cara Membuat:

  1. Sesudah Anda menyiapkan semua bahan-bahan yang diperlukan, silahkan menyangrai kacang hijau lalu melepaskan kulitnya.
  2. Setelah itu, haluskan kacang hijau tersebut dengan blender atau ulegan sampai benar-benar lembut
  3. Saringlah kacang hijau yang telah halus lalu campur bersama gula halus, air serta vanili sembari diaduk-aduk sampai pulen
  4. Siapkan cetakan lalu cetak adonan sembari ditekan-tekan sampai memadat. Lakukan hal itu sampai selesai
  5. Selanjutnya, panggang dalam oven dengan suhu 150 derajat Celcius sampai kering. Kalau sudah matang, angkat dan dinginkan sebentar
  6. Sajikan kue satu di piring saji atau langsung menyimpannya dalam toples. Hidangan siap dinikmati

Baca Juga : Resep Membuat Kue Puteri Dua Sebilik Khas Riau
Resep kue satu khas Kuningan di atas akan menghasilkan hidangan yang bisa Anda jadikan suguhan untuk para tamu. Simpanlah dalam toples yang tertutup rapat supaya bisa dikonsumsi kapanpun Anda mau. Kreasikan bentuk kue satu dengan cetakan yang lucu agar Anda Anda menyukainya.

Sekian dari resep kue satu khas Kuningan. Semoga Anda bisa berhasil menyajikannya. Sampai jumpa di resep-resep berikutnya dan salam koki!

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D

 


Suka

Langganan Resep Terbaru

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana