Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Rabu, 09 Maret 2016

Resep Membuat Kumbu Kacang Merah Khas Sumatera Selatan

Advertisement
Advertisement

Resep Kumbu Kacang Merah Khas Sumatera Selatan – Beberapa kota di Indonesia memiliki hidangan yang patut Anda coba. Beberapa di antaranya menghadirkan rasa manis yang khas seperti yang ada di Jawa Tengah. Atau hidangan pedas dari Kalimantan dan tentunya sajian gurih yang sedap dari daerah di Pulau Sumatera, terutama Sumatera Selatan.

Palembang memang tiada habisnya memberikan kuliner dengan rasa yang nikmat. Banyak diantaranya yang memiliki rasa gurih, asin, manis, lembut dan nikmat. Pempek masih merupakan juaranya. Walaupun demikian, hidangan-hidangan lain seperti lempok durian dan yang diolah dengan resep kumbu kacang merah khas Sumatera Selatan ini juga tidak kalah nikmat.
Resep Kumbu Kacang Merah Khas Sumatera Selatan
Resep Kumbu Kacang Merah Khas Sumatera Selatan
Kumbu kacang merah adalah hidangan yang terbuat dari campuran kacang merah, santan, tepung ketan, gula pasir dan bahan lainnya yang dikukus sesuai resep kumbu kacang merah khas Sumatera Selatan, sehingga menghasilkan sajian yang bertekstur lembut dan patut Anda coba. Hidangan ini pas untuk disajikan di sore hari ketika berkumpul bersama keluarga dalam acara minum teh.

Di Palembang juga ada kumbu kacang hijau, yang sama lezatnya dengan kumbu kacang merah ini. Namun, keduanya punya perbedaan, terutama pada bahan serta proses pembuatannya. Kalau kumbu kacang hijau tidak menggunakan santan dan diolah dengan cara digoreng. Sedangkan hidangan dari resep kumbu kacang merah khas Sumatera Selatan ini dikukus.

Di bawah ini adalah ulasan lengkap untuk membuatnya. Tips sebelum mengolah hidangan resep kumbu kacang merah khas Sumatera Selatan. Anda harus memilih kacang merah yang berkualitas bagus agar bisa mendapatkan rasa renyah dan gurih. Selamat mencoba!

Bahan:

  • 4 ons kacang merah
  • 1 ½ ons gula pasir halus
  • 150 ml santan kelapa
  • 2 sendok makan tepung ketan
  • 60 ml air
  • ¼ sendok teh garam
  • ¼ sendok teh vanili

Cara Membuat:

  1. Pertama-tama, Anda harus menyiapkan seluruh bahan dan bumbu yang diperlukan untuk mengolah kumbu kacang merah khas Sumatera Selatan
  2. Kemudian rendam kacang merah selama kurang lebih 3 jam. Setelah itu, angkat dan rebus atau kukus hingga lembut
  3. Angkat, lalu haluskan. Campur adonan tersebut bersama bahan-bahan lainnya sampai rata dan kalis dalam sebuah wajan
  4. Kalau sudah, angkat dan dinginkan dalam loyang. Ratakan juga.
  5. Berikutnya, potong-potong lalu sajikan di piring saji. Hidangan kumbu kacang merah siap dinikmati

Baca Juga : Resep Membuat Ayam Masak Paniki Khas Sulawesi Utara
Ketika memotongi hidangan yang telah Anda buat menggunakan resep kumbu kacang merah khas Sumatera Selatan, usahakan ketika kue sudah dingin. Gunakan pisau tajam serta tipis untuk melepaskannya dari loyang. Potong pada bagian yang mendatar terlebih dahulu, lalu bagian vertikalnya. Selamat menikmati dan salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D