Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Kamis, 10 Maret 2016

Resep Membuat Lempok Duren Khas Sumatera Selatan

Advertisement
Advertisement

Resep Lempok Duren Khas Sumatera Selatan – Kuliner khas Palembang, Sumatera Selatan memang sangat beragam. Hasil laut mendominasi bahan utama pembuatan hampir semua kulinernya. Seperti yang Anda tahu, bahwa pempek adalah salah satu makanan khasnya. Pempek sendiri berbahan baku ikan tenggiri yang dicampur dengan bahan lainnya sehingga menghasilkan hidangan kenyal dengan rasa luar biasa.

Ada juga mie celor dengan cita rasa udang yang sangat khas dan gurih. Hidangan ini juga menjadi ikon kota Palembang yang sudah disajikan di beberapa tempat lainnya. Namun, hidangan-hidangan tersebut tidak lengkap kalau belum disajikan bersama yang manis-manis seperti sajian dari resep lempok duren khas Sumatera Selatan ini.

 Lempok Duren Khas Sumatera Selatan
 Lempok Duren Khas Sumatera Selatan
Lempok atau yang Anda kenal sebagai dodol adalah makanan berbahan utama daging durian. Makanan ini juga merupakan salah satu kuliner khas Riau, meskipun proses pembuatannya pada setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri. Bahan-bahan yang digunakan dalam resep lempok duren khas Sumatera Selatan adalah daging gurian, garam serta gula pasir.

Bahan-bahan tersebut kemudian dicampur rata dan diaduk dalam wajan atau kukusan besar selama 3 jam, seperti pembuatan dodol pada umumnya. Proses pengadukannya juga dilakukan secara terus menerus, tanpa berhenti supaya bisa menghasilkan adonan yang bertekstur kenyal dan pas. Di bawah ini adalah langkah-langkah pembuatannya dalam resep lempok duren khas Sumatera Selatan yang secara lengkap bisa Anda baca serta terapkan.

Tambahkan bahan-bahan pada resep lempok duren khas Sumatera Selatan jika diperlukan. Selamat mencoba membuatnya!

Bahan:

  • 2.000 gram daging durian
  • 450 gram gula pasir
  • ½ sendok teh garam

Cara Membuat:

  1. Pertama, silahkan menyiapkan semua bahan dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk mengolah lempok duren khas Sumatera Selatan
  2. Setelah itu, campur durian bersama gula pasir dalam sebuah wadah atau panci. Masak dengan api sedang sembari terus diaduk hingga larut serta rata
  3. Proses pengadukan tersebut akan memakan waktu kurang lebih 2-3 jam. Biarkan sampai adonan mengental serta bertekstur kenyal
  4. Lalu angkat dan dinginkan sebentar selama beberapa saat. Kemudian bentuk sesuai selera dan bungkus dengan plastik
  5. Lakukan langkah tersebut sampai lempok duren habis. Hidangan siap disajikan dan dinikmati!

Baca Juga : Resep Membuat Bagea Khas Sulawesi Utara
Resep lempok duren khas Sumatera Selatan di atas akan menghasilkan sajian yang bisa Anda hidangkan di waktu kapanpun. Bisa untuk acara-acara keluarga tertentu, hari raya, maupun ketika berkumpul bersama keluarga dan sahabat. Tambahkan kopi atau teh hangat untuk memberi sensasi berbeda bagi kebersamaan Anda dengan mereka.
Sekian dari resep lempok duren khas Sumatera Selatan. Semoga Anda berhasil menghidangkannya dan resep dari kami bermanfaat bagi olahan lempok berikutnya. Salam koki dan sampai jumpa di resep-resep berikutnya dari kami!

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D

 


Suka

Langganan Resep Terbaru

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana