Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Kamis, 10 Maret 2016

Resep Membuat Lepat Pisang Khas Sumatera Selatan

Advertisement
Advertisement

Resep Lepat Pisang Khas Sumatera Selatan – Jajanan khas Indonesia memang sangat beragam, terutama jajanan tradisional yang masih ada. Salah satunya adalah nagasari, lemper, cenil dan masih banyak lagi. Berbicara tentang nagasari, yaitu hidangan yang berbahan utama tepung beras, santan serta pisang kepok dan bahan lainnya tersebut memang sangat pas disantap di waktu santai bersama kopi dan teh hangat pada sore hari.

Di Palembang, Sumatera Selatan juga ada hidangan yang hampir sama dengan nagasari. Namanya adalah lepat pisang. Perbedaan keduanya terletak pada bahan utama pembuatnya. Seperti yang sudah disebutkan bahwa nagasari menggunakan tepung beras dan santan, kalau lepat pisang berbahan utama tepung terigu dan santan hanya sebagai campuran saja. Itupun hanya digunakan sedikit saja pada resep lepat pisang khas Sumatera Selatan.

 Lepat Pisang Khas Sumatera Selatan
 Lepat Pisang Khas Sumatera Selatan
Pisang yang digunakan juga berbeda. Kalau nagasari menggunakan pisang ambon. Sedangkan pisang yang digunakan dalam olahan resep lepat pisang khas Sumatera Selatan adalah pisang lemak. Pisang tersebut sejenis pisang emas. Namun, sebenarnya Anda juga bisa menggunakan pisang ambon atau pisang lain yang sejenis dengannya.
Silahkan membaca ulasan lengkap resep lepat pisang khas Sumatera Selatan di bawah ini untuk mengetahuinya lebih lanjut. Selamat mencoba!

Bahan:

  • 1 sisir pisang lemak
  • 130 gram tepung terigu
  • 75 gram gula pasir
  • 70 gram parutan kelapa muda
  • 60 gram nangka matang
  • ½ sachet vanili
  • ½ sendok teh garam
  • Daun pisang secukupnya

Cara Membuat:

  1. Pertama, siapkan bahan-bahan dan pelengkap yang digunakan untuk mengolah lepat pisang khas Palembang
  2. Kedua, silahkan mengupas dan menghaluskan pisang lemak tersebut. Potong-potong juga nangka matang dengan ukuran kecil
  3. Ketiga, campurkan pisang yang sudah dihaluskan bersama gula pasir, tepung terigu, parutan kelapa, garam dan vanili
  4. Aduk-aduk hingga tercampur rata. Kalau sudah, masukkan potongan nangka sambil tetap diaduk
  5. Siapkan selembar daun pisang dan taruh sekitar 1 ½ sendok makan adonan. Lipat atau bungkus seperti ketika membungkus nagasari
  6. Lakukan langkah tersebut sampai adonan habis, lalu kukus hingga matang kurang lebih 20 menit
  7. Angkat lalu sajikan di piring saji untuk lekas dinikmati

Baca Juga : Resep Membuat Bakwan Jagung Khas Sulawesi Utara
Resep lepat pisang khas Sumatera Selatan di atas akan menghasilkan hidangan yang bisa disajikan untuk ngopi di sore hari. Alangkah lengkapnya hari Anda, setelah pulang kerja disuguhi lepat pisang tersebut. Nah, ini ada tips dari kami untuk mengolahnya. Jika adonan kurang lembek, Anda bisa menambahkan 3 sendok makan santan cair atau air biasa.
Demikianlah resep lepat pisang khas Sumatera Selatan. Semoga bermanfaat untuk Anda dan tunggu resep-resep lainnya dari kami. Salam koki!

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D

 


Suka

Langganan Resep Terbaru

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana