Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Sabtu, 12 Maret 2016

Resep Membuat Nasi Cikur Khas Tasikmalaya

Advertisement
Advertisement

Resep Nasi Cikur Khas Tasikmalaya – Di Indonesia, hidangan atau olahan berbahan utama nasi putih memang beraneka ragam dan dikenal banyak masyarakat. Salah satu hidangan tersebut adalah nasi goreng. Bisa Anda temukan kapanpun dan dimanapun, pasalnya penjual nasi goreng banyak yang menjajakan dagangannya hingga subuh atau pagi hari. Jadi, ketika kelaparan, semua orang pasti mencari nasi goreng.

Hidangan lainnya adalah nasi jagung, yaitu nasi yang digoreng bersama jagung. Nasi tiwul, nasi tumpeng dan masih banyak lagi. Ada juga nasi kucing, yaitu nasi bungkusan dengan lauk-lauk sederhana. Tapi, pasti Anda belum mendengar yang satu ini, yaitu nasi cikur. Makanan yang juga sering disebut nasi kencur ini dibuat dengan resep nasi cikur khas Tasikmalaya.
Nasi Cikur Khas Tasikmalaya
Nasi Cikur Khas Tasikmalaya
Dinamakan nasi cikur karena memang menggunakan kencur sebagai bahan campurannya. Nasi tersebut kemudian digoreng bersama bahan-bahan lainnya lalu disajikan dengan bahan pelengkap seperti yang sudah disebutkan di bawah ini oleh resep nasi cikur khas Tasikmalaya. Rasanya tidak kalah dengan nasi goreng, bahkan lebih gurih dan sangat menggiurkan.

Jika Anda ingin mengolahnya sendiri di rumah, silahkan menambah takaran bahan dan bumbu yang ada dalam resep nasi cikur khas Tasikmalaya. Mungkin saja bila ditambah akan pas dikonsumsi satu keluarga. Anda juga bisa menggunakan lauk-lauk yang simple untuk pertama kali mengolahnya. Di lain waktu, silahkan menambahkan lauk yang lebih nikmat lagi.

Bahan:

  • 2 piring nasi putih, dinginkan dulu
  • 1 ruas jari kencur
  • 1 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • ½ batang terasi matang
  • Cabai rawit secukupnya, iris tipis
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan Pelengkap:

  • Telur dadar secukupnya
  • Ikan asin secukupnya
  • Rengginang secukupnya

Cara Membuat:

  1. Pertama, siapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk mengolah nasi cikur khas Tasikmalaya sesuai takaran di atas
  2. Setelah itu, haluskan bawang putih bersama bawang merah, terasi dan kencur sampai benar-benar halus
  3. Kemudian panaskan minyak untuk menumis bumbu halus tersebut sampai harum. Masukkan nasi yang sudah dingin sembari diaduk-aduk rata
  4. Beri garam dan cabai rawit iris. Aduk merata lalu angkat dan sajikan di piring saji.
  5. Hidangan nasi cikur khas Tasikmalaya siap dihidangkan bersama bahan pelengkap. Sajian bisa lekas dinikmati

Baca Juga : Resep Membuat Brongkos Khas Jogja
Resep nasi cikur khas Tasikmalaya di atas akan menghasilkan hidangan yang bisa Anda santap sebagai menu makan siang atau makan malam istimewa. Dalam menambahkan lauknya, Anda bisa memilih yang sesuai selera seperti tahu goreng, ikan goreng, potongan daging sapi atau olahan daging ayam.
Sekian dari resep nasi cikur khas Tasikmalaya. Selamat menikmati hidangan Anda dan salam koki! Tunggu resep-resep berikutnya dari kami!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D