Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Minggu, 13 Maret 2016

Resep Membuat Nasi Liwet Khas Sumedang

Etik Iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Nasi Liwet Khas Sumedang – Nasi liwet merupakan makanan khas Indonesia yang sudah tidak asing lagi, terutama bagi masyarakat Pulau Jawa. Pasalnya, nasi liwet sering disajikan di acara-acara tertentu, seperti selamatan dan acara adat lainnya. Solo adalah kota yang terkenal dengan nasi liwetnya. Kalau di Solo, nasi liwet dihidangkan dengan ayam areh, telur rebus serta lauk lainnya.

Selain di Jawa Tengah, Anda juga bisa menemukan nasi liwet di tempat lain, yaitu Sumedang, Jawa Barat. Sebenarnya antara nasi liwet Solo dan Sumedang tidak memiliki perbedaan yang kentara, hanya saja terdapat satu perbedaan pada bahan pembuatnya. Nasi liwet Solo menggunakan daun pandan sebagai pencampurnya, sedangkan nasi liwet Sumedang tidak. Meskipun demikian, jika diolah dengan resep nasi liwet khas Sumedang rasanya tetap gurih dan sangat khas Jawa Barat.

Nasi Liwet Khas Sumedang
Nasi Liwet Khas Sumedang
Hal itu sebenarnya untuk membedakan antara hidangan satu dengan yang lain. Karena seperti yang Anda ketahui, bahwa hidangan di Indonesia terkadang mirip antara satu dengan lainnya. Namun, bahan dan proses yang digunakan untuk membuatnya memiliki ciri khas tersendiri. Seperti resep nasi liwet khas Sumedang ini.

Penyajiannya juga tidak menggunakan ayam areh, melainkan ayam goreng biasa. Jadi, untuk menyajikannya dengan resep nasi liwet khas Sumedang saja Anda tidak akan merasa dirumitkan dengan bahan-bahan lainnya. Selamat mencoba!

Bahan:

  • ½ kg beras
  • 1 liter santan dari ½ butir kelapa
  • 2 lembar daun salam
  • 1 sendok teh garam
  • 1 batang serai, ambil bagian putihnya dan memarkan

Bahan Pelengkap:

  • Sambal terasi secukupnya
  • Ayam goreng secukupnya, suwir-suwit
  • Lalapan secukupnya

Cara Membuat:

  1. Pertama, setelah Anda menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan untuk mengolah nasi liwet khas Sumedang, cucilah beras sampai bersih
  2. Setelah itu, rebus beras tersebut bersama serai, daun salam serta garam sembari diaduk rata. Tuangi santan lalu masak hingga mendidih
  3. Kemudian tutup panci dan kecilkan api. Biarkan sampai matang sembari sesekali diaduk rata. Angkat
  4. Aduk-aduk sampai menjadi pulen lalu sajikan di piring saji bersama bahan pelengkapnya. Hidangan nasi liwet khas Sumedang siap dinikmati

Baca Juga : Resep Membuat Bobengka Khas Sulawesi Utara
Resep nasi liwet khas Sumedang di atas akan menghasilkan 6 porsi sajian yang bisa Anda santap bersama keluarga. Dalam menyajikan nasi liwet khas Sumedang sesuai resep di atas, Anda bisa membiarkan ayam goreng dalam keadaan utuh. Selain itu, Anda juga bisa menyajikannya dengan ayam bakar atau lauk lainnya seperti bandeng goreng, ikan bakar, dan aneka olahan tempe serta tahu.

Demikianlah dari resep nasi liwet khas Sumedang. Semoga Anda berhasil membuatnya di dapur kesayangan. Selamat menikmati sajian tersebut dan salam koki. Sampai jumpa di resep-resep lainnya dari kami!

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D

 


Suka

Langganan Resep Terbaru

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana