Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Selasa, 15 Maret 2016

Resep Membuat Peuyeum Ketan Khas Kuningan

Advertisement
Advertisement

Resep Peuyeum Ketan Khas Kuningan – Kuningan merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang terkenal dengan hidangan khasnya. Apakah hidangan tersebut? Ada rarawuan, rujak kangkung dan yang paling banyak menarik perhatian pengunjung adalah hucap alias tahu kecap. Meskipun banyak sekali hidangan yang dimiliki Kuningan, kurang sekali rasanya jika Anda belum mencoba yang satu ini.

Adalah peuyeum ketan atau biasa disebut tape ketan yang merupakan makanan khas Kuningan. Makanan ini memiliki cerita unik sebelum terkenal sebagai oleh-oleh khas Kuningan. Dulunya, masyarakat biasa membeli makanan ini di industri rumahan yang ramai memproduksinya dengan resep peuyeum ketan khas Kuningan ketika menjelang lebaran.
Peuyeum Ketan Khas Kuningan
Peuyeum Ketan Khas Kuningan
Namun, akhirnya para perintis industri tersebut tidak putus asa dan berjuang mengantarkannya menjadi oleh-oleh khas Kuningan. Sehingga industri rumahan tersebut menjadi usaha yang memberikan peluang kerja bagi masyarakat sekitar. Meskipun demikian, sampai sekarang tape tersebut tetap diolah dengan resep peuyeum ketan khas Kuningan untuk mempertahankan kekhasan rasa.

Hidangan yang terbuat dari beras ketan dan difermentasikan bersama ragi tersebut biasa dibungkus dengan daun jambu air lalu diberi pewarna dari daun katuk. Karena dibuat dengan bahan-bahan alami, hidangan ini hanya bisa tahan selama satu minggu saja. Coba buat dengan resep peuyeum ketan khas Kuningan, yuk!

Bahan:

  • ½ kg beras ketan putih
  • 5 sendok makan gula pasir
  • 400 ml air panas
  • 1 liter air
  • 2 sendok makan pandan pasta
  • Ragi secukupnya
  • Lengkuas secukupnya
  • Daun katuk secukupnya

Cara Membuat:

  1. Setelah semua bahan yang diperlukan siap, Anda bisa mencuci beras ketan sampai bersih. Kalau sudah, rendamlah dalam campuran 1 liter air dan pandan pasta selama semalaman
  2. Tiriskan lalu kukus sampai meletup-letup. Sementara menunggu, Anda bisa mendidihkan 400 ml air lalu siramkan ke dalam ketan yang masih panas
  3. Aduk hingga merata lalu kukus seperempat jam lagi. Angkat dan dinginkan selama beberapa saat
  4. Jika sudah dingin, baru bisa dihaluskan. Beri campuran lengkuas dan daun katuk untuk pewarnanya dan aduk sampai rata
  5. Sesudah itu, susunlah ketan tersebut dalam sebuah wadah. Taburi ragi tipis-tipis di atasnya dan taburi juga dengan gula pasir
  6. Tutup kembali dengan sisa ketan lalu taburi dengan ragi serta gula. Tutup kembali lalu diamkan selama 3 hari
  7. Hidangan peuyeum ketan khas Kuningan siap dinikmati

Baca Juga : Resep Membuat Halua Kenari Khas Sulawesi Utara
Resep peuyeum ketan khas Kuningan di atas akan menghasilkan sajian nikmat yang sangat istimewa. Bila Anda tidak ingin menggunakan pewarna, silahkan buang lengkuas serta daun katuk pada resep peuyeum ketan khas Kuningan di atas. Selamat menikmati hidangan Anda dan salam koki. Tunggu resep-resep dari kami segera!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D