Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Jumat, 18 Maret 2016

Resep Membuat Rintek Wu’uk Khas Sulawesi Utara

Advertisement
Advertisement

Resep Rintek Wu’uk Khas Sulawesi Utara – Apa nama makanan unik yang berasal dari Manado, Sulawesi Utara? Ialah RW atau Rintek Wu’uk yang merupakan olahan daging anjing dari daerah tersebut. Rasanya nikmat dan cocok untuk santapan makan siang. Anda bisa mendapatkan hidangan ini ketika berkunjung ke Manado dengan mudah, karena beberapa warung makan menjualnya sebagai menu khas.

Perlu diketahui, bahwa RW sendiri merupakan masakan dari daging anjing yang dicampur bumbu-bumbu pedas dengan rasa khas. Makanan ini biasa disajikan masyarakat Manado ketika ada acara pernikahan, ulang tahun dan acara-acara lainnya. Mereka juga mengolahnya menggunakan resep rintek wu’uk khas Sulawesi Utara agar kekhasan rasa yang tercipta bisa dinikmati siapa saja. Maka dari itu, buruan pergi ke Manado untuk mencicipi kelezatan makanan ini.

Rintek Wu’uk Khas Sulawesi Utara
Rintek Wu’uk Khas Sulawesi Utara
Akan tetapi, bila Anda ingin mengolahnya di rumah, silahkan menggunakan resep rintek wu’uk khas Sulawesi Utara ini. Untuk mendapatkan daging anjing juga tidak sulit, khususnya bagi Anda masyarakat Sulawesi. Sebab, disana anjing yang kulit dan bulunya sudah dibakar dijual di pasar tradisional sebagai bahan pengolahnya. Namun, bagi Anda yang tinggal di daerah lain bisa memesan dulu kepada agen penjual daging anjing untuk RW.

Baca kelanjutan resep rintek wu’uk khas Sulawesi Utara berikut ini untuk memudahkan Anda dalam mengolahnya.

Bahan:
  • 1.000 gram daging anjing, cincang kecil-kecil
Bumbu Halus:
  • 3 ikat daun kemangi, potong halus
  • 1 ikat daun bawang, potong halus
  • 250 gram cabai rawit
  • 4 ruas jahe
  • 4 ruas lengkuas
  • 2 ruas kunyit
  • 6 batang serai
  • 7 siung bawang putih
  • 10 butir bawang merah
  • 20 lembar daun jeruk
  • Garam secukupnya
Cara Membuat:
  1. Sesudah menyiapkan semua bahan, Anda bisa mencuci daging anjing yang sudah dicincang keicl-kecil sampai bersih
  2. Sisihkan dulu, lalu panaskan minyak untuk menumis bumbu halus sampai harum. Kalau sudah, masukkan cincangan daging tadi
  3. Aduk-aduk hingga setengah matang, kemudian tambahkan irisan daun bawang dan daun kemangi.
  4. Anda harus mengaduk campuran ini secara terus menerus supaya tercampur rata dan sampai daging empuk
  5. Angkat lalu sajikan di piring saji untuk segera dinikmati

Baca Juga : Resep Membuat Lalampa Khas Sulawesi Utara
Itu tadi adalah resep rintek wu’uk khas Sulawesi Utara. Bila Anda ingin mengolahnya, tidak harus menggunakan daging anjing. Bagi yang muslim, bisa menggunakan daging sapi atau daging ayam. Sebab, bumbu RW sendiri juga cocok untuk mengolah daging-daging tersebut.

Selamat menikmati hidangan Anda dan jangan lupa menyimpan resep rintek wu’uk khas Sulawesi Utara untuk memudahkan Anda mengolahnya kembali di lain waktu. Tunggu resep-resep berikutnya dari kami dan salam koki!

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D

 


Suka

Langganan Resep Terbaru

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana