Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Rabu, 16 Maret 2016

Resep Membuat Rujak Kangkung Khas Kuningan

Advertisement
Advertisement

Resep Rujak Kangkung Khas Kuningan – Kangkung adalah bahan makanan nabati yang sering dijadikan bahan baku utama dalam mengolah sajian lezat. Makanan yang biasa diolah dengan bahan kangkung adalah tumis kangkung. Itu merupakan sajian termudah yang bisa Anda coba buat di rumah. Tapi, sebetulnya masih banyak hidangan dengan bahan tersebut yang dapat Anda temui di Indonesia khususnya.

Seperti yang diolah dengan resep rujak kangkung khas Kuningan ini. Makanan tersebut bahkan sudah terkenal di mana-mana. Kalau biasanya rujak berbahan utama potongan tempe, tahu, kangkung, lontong serta disiram dengan sambal petis dan kacang, rujak kali ini hanya berbahan utama sayur kangkung segar saja.
 Rujak Kangkung Khas Kuningan
 Rujak Kangkung Khas Kuningan
Sambalnya pun berbeda, tanpa kacang tanah dan petis. Dalam resep rujak kangkung khas Kuningan, sambal yang digunakan cenderung memiliki rasa gurih dan pedas, karena terdapat terasi di dalamnya. Meskipun demikian, rasa yang dihadirkan tidak kalah dengan rujak khas Jawa Timur pada umumnya.

Dalam mengolah hidangan ini dengan resep rujak kangkung khas Kuningan, Anda bisa menambahkan potongan tempa, tahu dan lontong supaya lebih lengkap dan nikmat ketika disantap. Perlu diperhatikan, sambal yang dibuat jangan terlalu encer. Harus pas supaya kekhasan rasanya pun terasa. Selamat mencoba menghidangkannya dan semoga berhasil!

Bahan:

  • ¼ kg kangkung segar, siangi

Bahan Sambal:

  • 2 buah tomat merah
  • 20 buah cabai rawit hijau
  • 2 buah cabai merah besar
  • 2 sendok makan asam Jawa
  • 1 sendok makan terasi
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Gula merah secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Air secukupnya

Cara Membuat:

  1. Pertama, Anda harus menyiapkan bahan dan semua kebutuhan yang diperlukan untuk membuat rujak kangkung
  2. Kedua, cuci bersih kangkung yang telah disiangi lalu tiriskan. Setelah itu, kukus hingga matang dan lunak
  3. Angkat lalu sisihkan dulu untuk mengukus tomat merah, cabai merah besar dan cabai rawit hijau yang telah dicuci bersih sebelumnya
  4. Setelah itu, campurkan bahan yang dikukus tersebut dengan bahan sambal lainnya dengan cara diuleg halus
  5. Beri air sedikit demi sedikit supaya sambal tidak kental dan padat. Kalau sudah diaduk rata, Anda bisa menyiapkan piring saji dulu
  6. Tata kangkung di atasnya lalu siram dengan sambal rujak. Rujak kangkung khas Kuningan siap dinikmati

Baca Juga : Resep Membuat Ikan Bakar Rica Khas Sulawesi Utara
Resep rujak kangkung khas Kuningan di atas akan menghadirkan hidangan yang belum pernah Anda cicipi sebelumnya. Dengan rasa yang gurih serta pedas, membuat Anda ketagihan. Sedikit tips dari kami, untuk merebus kangkung jangan terlalu lama. Cukup sebentar saja hingga lunak dan matang. Tambahkan cabai rawit jika Anda menyukai hidangan pedas. Salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D