Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Sabtu, 19 Maret 2016

Resep Membuat Sambal Dabu-Dabu Lilang Khas Sulawesi Utara

Advertisement
Advertisement

Resep Sambal Dabu-Dabu Lilang Khas Sulawesi Utara – Sambal dabu-dabu. Anda pasti pernah mendengar makanan ini, namun belum sempat mencobanya. Perlu Anda tahu, bahwa sambal dabu-dabu adalah hidangan yang berasal dari Sulawesi Utara. Anda juga bisa menyebutnya sambal iris, karena semua bahan yang digunakan diiris lalu dicampur dengan bumbu lainnya. Rasanya sudah pasti segar, asam dan pedas. Anda bisa mencobanya ketika berkunjung ke Manado.

Meskipun sekarang di beberapa tempat di luar daerah Sulawesi Utara sudah banyak yang menghidangkan sambal dabu-dabu, seperti yang ada di rumah makan lalapan, namun jika mencicipinya langsung di tempat asalnya akan jauh lebih nikmat. Kenapa demikian? Sebab, masyarakat Tanah Minahasa atau Manado menggunakan resep sambal dabu-dabu lilang khas Sulawesi Utara sebagai panduan membuatnya.
Sambal Dabu-Dabu Lilang Khas Sulawesi Utar
Sambal Dabu-Dabu Lilang Khas Sulawesi Utar
Jadi, sudah bisa dipastikan Anda tidak akan kecewa kalau menikmati sambal tersebut sambil berlibur di sana. Mudah, kok menemukannya! Di berbagai tempat tersedia sajian dari resep sambal dabu-dabu lilang khas Sulawesi Utara ini. Terutama di rumah-rumah makan yang ada di daerah kota.

Namun, Anda bisa mengolahnya sendiri di rumah dengan resep sambal dabu-dabu lilang khas Sulawesi Utara. Bahan-bahan dan bumbu pembuatnya sangat mudah didapat, karena tergolong bumbu dapur yang memang sering Anda gunakan. Prosesnya juga sebentar, tidak memakan waktu lama. Anda bisa mencobanya dengan segera.

Berikut ini adalah kelanjutan resep sambal dabu-dabu lilang khas Sulawesi Utara dengan bahan serta bumbu yang tertera!

Bahan:
  • ¾ sendok teh gula pasir
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh air perasan jeruk nipis
  • 1 buah tomat, buang bijinya dan potong kotak
  • 4 buah cabai merah besar, diiris tipis
  • 5 buah cabai rawit hijau, diiris bulat
  • 5 butir bawang merah, diiris-iris
  • Minyak goreng secukupnya
Cara Membuat:
  1. Pertama, siapkan semua bahan yang dibutuhkan untuk mengolah sambal dabu-dabu lilang ini
  2. Setelah itu, cuci bersih tomat, cabai merah besar, cabai rawit hijau dan bawang merah lalu siapkan untuk langkah selanjutnya
  3. Campurkan semua bahan sampai rata. Kalau sudah, tambahkan minyak goreng sekitar 5 sendok makan ke dalamnya
  4. Aduk kembali sampai rata dan segera sajikan sambal dabu-dabu lilang untuk dinikmati bersama
Baca Juga : Resep Membuat Lampu-Lampu Khas Sulawesi Utara
Nikmati sajian dari resep sambal dabu-dabu lilang khas Sulawesi Utara bersama keluarga Anda. Sajian ini cocok dijadikan pelengkap untuk menyantap ayam goreng, ayam bakar, ikan goreng dan lain sebagainya. Dabu-dabu juga bisa Anda jadikan bumbu untuk mengolah pepes, seperti yang dilakukan masyarakat Manado.

Sekian resep sambal dabu-dabu lilang khas Sulawesi Utara. Semoga Anda bisa segera menyajikan dan menikmatinya. Salam koki dan terima kasih telah memakai resep kami. Sampai jumpa!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D