Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Jumat, 08 April 2016

Resep Membuat Sale Pisang Khas Sumedang

Advertisement
Advertisement

Resep Sale Pisang Khas Sumedang – Pisang merupakan buah yang bertekstur lembut serta bisa diolah menjadi bermacam-macam hidangan. Ada pisang goreng dengan rasa khasnya, keripik pisang yang gurih, jus pisang, es krim pisang dan masih banyak lagi. Yang satu ini namanya bukan keripik pisang, meskipun rasanya gurih dan renyah. Anda bisa menyebutnya dengan sale.

Sale pisang merupakan jajanan renyah yang biasa dijadikan oleh-oleh. Makanan ini juga dapat dijumpai di swalayan, minimarket dan aneka toko jajanan lainnya. Rasa manisnya sangat berbeda, karena seolah menempel di lidah seperti karamel. Jajanan ini bisa ditemukan juga di Sumedang, Jawa Barat. Tentunya diolah dengan resep sale pisang khas Sumedang yang dapat membuat Anda ketagihan.
Sale Pisang Khas Sumedang
Sale Pisang Khas Sumedang
Awalnya, pisang ambon matang yang telah disiapkan dipotong-potong tipis memanjang lalu dijemur selama beberapa hari. Kemudian digoreng dengan bahan lapisan yang terbuat dari campuran tepung, margarin, gula pasir serta bahan lainnya. Hasilnya, sajian resep sale pisang khas Sumedang ini bisa disantap sebagai camilan di waktu santai.

Anda bisa menambahkan aneka rasa, seperti rasa coklat, keju atau lainnya untuk menambah sensasi ketika pertama kali digigit. Sesudah itu, simpanlah dalam toples atau kemas dengan plastik supaya kerenyahannya tetap terjaga. Kalau Anda ingin membuatnya sendiri, silahkan menerapkan resep sale pisang khas Sumedang di bawah ini. Selamat mencoba dan semoga berhasil menyajikannya!

Bahan:

  • 2 kg pisang ambon matang
  • ½ kg tepung beras
  • ¼ kg tepung terigu
  • ½ kg gula pasir
  • Margarin secukupnya
  • 1 sendok makan garam
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat:

  1. Pertama, Anda harus mempersiapkan bahan dan bumbu yang akan digunakan untuk mengolah sale pisang khas Sumedang
  2. Setelah itu, iris-iris pisang ambon yang telah dikupas dengan ukuran sesuai selera. Bentuk memanjang tipis
  3. Kalau sudah, tata irisan pisang tersebut di atas tampah dan jemur di bawah sinar matahari kurang lebih 3-5 hari
  4. Kemudian siapkan wadah untuk membuat bahan lapisannya. Campur tepung beras, tepung terigu, gula pasir, margarin dan sedikit garam sampai rata
  5. Masukkan irisan pisang yang telah dijemur tadi ke dalamnya sampai tercelup rata semua. Aduk-aduk
  6. Lalu panaskan minyak untuk menggorengnya sampai matang sempurna sembari dibolak-balik.
  7. Kalau sudah berwarna coklat keemasan dan matang, angkat lalu tiriskan. Sale kering yang sudah jadi bisa Anda sajikan di piring saji
  8. Hidangan siap dinikmati

Baca Juga : Resep Membuat Sambal Goreng Mandai Tiwadak Khas Kalimantan Selatan
Resep sale pisang khas Sumedang di atas akan menghasilkan hidangan yang bisa Anda jadikan sebagai suguhan para tamu. Sedikit tips, ketika menjemur irisan pisang, alangkah baiknya Anda sesekali membalik masing-masing irisannya supaya kering merata.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D