Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Jumat, 08 April 2016

Resep Membuat Sambal Tempoyak Khas Bengkulu

Advertisement
Advertisement

Resep Sambal Tempoyak Khas Bengkulu – Makanan khas Bengkulu memang tiada duanya. Kalau soal rasa, memang Bengkulu menghadirkan kuliner dengan kuah bersantan yang nikmat dan berbeda. Aneka bagar, gulai dan pendap adalah hidangan berkuah santan yang sangat lezat. Namun, jika Anda ingin mencicipi hidangan yang berbeda, coba saja sambal tempoyak ini.

Sebelum beralih ke sambal tempoyak, Anda harus tahu apa sebenarnya pengertian tempoyak. Tempoyak adalah daging durian yang difermentasikan dengan cara disimpan dalam toples selama berhari-hari. Kalau sambal tempoyak adalah campuran tempoyak dengan aneka rempah-rempah serta udang yang memberi rasa gurih dan sedap. Makanan bergizi ini terbuat dari resep sambal tempoyak khas Bengkulu.

Sambal Tempoyak Khas Bengkulu
Sambal Tempoyak Khas Bengkulu
Rempah-rempah atau bumbu yang digunakan di dalamnya antara lain, bawang merah, kunyit, lengkuas, serai dan gula serta garam. Tidak hanya itu, bumbu-bumbu yang dicampur dengan tempoyak tersebut kemudian diberi santan agar kelezatan dan rasa gurihnya tetap terasa. Anda bisa menyantap hidangan dengan resep sambal tempoyak khas Bengkulu ini sebagai lauk makan siang yang nikmat.

Untuk mengolah sambal tempoyak, Anda tetap harus memakai udang. Sebab, bahan makanan hewani dari laut itulah yang membuat hidangan ini jauh lebih nikmat. Dengan tiadanya udang, akan membuat sambal tempoyak terasa ada yang kurang. Nah, kami akan menunjukkan pada Anda cara membuatnya dengan resep sambal tempoyak khas Bengkulu di bawah ini!

Bahan:

  • 2 ons daging durian
  • ¼ kg udang
  • ½ liter santan
  • 5 butir bawang merah
  • 2 cm lengkuas
  • 2 cm kunyit
  • 1 tangkai serai, memarkan
  • ½ sendok teh garam
  • ¼ sendok teh gula

Cara Membuat:

  1. Langkah pertama, silahkan menyimpan daging durian dalam toples selama kurang lebih empat hari
  2. Setelah itu, Anda bisa menyiapkan bahan lainnya termasuk membersihkan udang dengan cara mengerat punggungnya
  3. Cuci udang tersebut sampai bersih lalu sisihkan dulu untuk menghaluskan bawang merah, lengkuas serta kunyit
  4. Kemudian didihkan santan lalu masukkan bumbu halus tersebut. Aduk-aduk sembari menambahkan bahan lainnya seperti daging durian dan udang.
  5. Beri gram, gula pasir dan serai. Aduk-aduk rata, selanjutnya angkat dan sajikan di mangkuk atau wadah lainnya
  6. Hidangan sambal tempoyak khas Bengkulu siap dinikmati

Baca Juga : Resep Membuat Sambal Acan Binjai Khas Kalimantan Selatan
Itulah tadi resep sambal tempoyak khas Bengkulu yang bisa Anda coba sajikan untuk makan siang bersama keluarga. Disantap bersama nasi panas dan tambahan kerupuk lebih nikmat. Untuk menyantapnya, jangan dicampur dengan masakan lain terutama yang berkuah. Karena akan mengurangi sensasi rasa sambal duriannya.

Anda bisa menambahkan petai dalam resep sambal tempoyak khas Bengkulu untuk memberi rasa sedap. Selamat menikmati dan salam koki!

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D

 


Suka

Langganan Resep Terbaru

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana