Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Minggu, 10 April 2016

Resep Membuat Srikayo Khas Sumatera Selatan

Advertisement
Advertisement

Resep Srikayo Khas Sumatera Selatan – Kalau berbicara tentang kuliner khas Indonesia, yang pertama Anda pikirkan pasti rendang. Ya, rendang merupakan sajian nikmat yang bahkan telah diakui dunia. Ada juga sate ayam, rujak, pecel, gado-gado dan masih banyak lagi. Namun, rasanya kurang lengkap kalau tidak membicarakan kota yang satu ini, yaitu Palembang.

Palembang memang terkenal memiliki sajian kuliner yang berciri khas. Pempek, terutama adalah hidangan yang tidak akan dilewatkan hampir semua wisatawan yang berkunjung ke sana. Walaupun demikian, ternyata Palembang memiliki kuliner lain yang juga tidak kalah enak, seperti mie celor, lakso, laksan, kue maksuba dan masih banyak lagi. Jadi, Anda harus tetap mencoba kuliner lain seperti yang diolah dengan resep srikayo khas Sumatera Selatan ini, ya!

Sudah dikatakan sebelumnya bahwa selain kuliner yang disebutkan, Palembang masih memiliki puluhan sajian yang bisa Anda coba. Salah satunya adalah srikayo ini. Memang Riau juga memiliki hidangan srikayo, tapi dicampur dengan pisang raja. Sedangkan Palembang hanya srikayo saja yang diolah dengan resep srikayo khas Sumatera Selatan.

Bahan-bahan yang digunakan juga hampir sama, meskipun ada takaran yang berbeda. Srikayo di Riau biasa dihidangkan tanpa pewarna, sedangkan srikayo Palembang identik dengan warna hijau. Keduanya bisa Anda olah sesuai resep masing-masing, seperti resep srikayo khas Sumatera Selatan di bawah ini.

Bahan:

  • ¼ kg gula pasir
  • 300 ml santan kental
  • 600 ml air
  • 6 butir telur
  • 3 lembar daun pandan
  • 1 sendok teh garam
  • Pewarna makanan hijau secukupnya

Cara Membuat:

  1. Setelah menyiapkan bahan yang dibutuhkan, Anda juga harus menyiapkan alat berupa cetakan kue mangkok
  2. Sesudah itu, silahkan mendidihkan santan bersama air, garam, pewarna makanan serta daun pandan menggunakan api sedang
  3. Adduk-aduk perlahan agar santan tidak pecah. Biarkan sampai mendidih kurang lebih seperempat jam
  4. Matikan api lalu masukkan gula pasir dan aduk sampai larut. Angkat daun pandannya lalu dinginkan dulu
  5. Kocok lepas telur dan campur dengan larutan santan yang sudah dingin. Kemudian saring dan tuang dalam cetakan kue mangkuk
  6. Hiasi atasnya dengan potongan daun pandan lalu lakukan langkah ini hingga adonan habis. Kalau sudah, kukus dengan api sedang kira-kira setengah jam
  7. Tutup pancinya dan lapisi kain bersih agar uapnya tidak menetes. Angkat lalu dinginkan terlebih dulu
  8. Sajikan srikayo khas Sumatera Selatan di meja tamu untuk segera dinikmati

Baca Juga : Resep Membuat Jaruk Kalangkala Khas Kalimantan Selatan
Resep srikayo khas Sumatera Selatan di atas akan menghasilkan hidangan yang patut Anda coba. Silahkan menyajikannya sebagai suguhan para tamu. Untuk mengolahnya, Anda tidak harus memakai pewarna hijau. Gunakan juga pewarna lainnya untuk membuat Anda berkreasi lebih lanjut. Selamat menikmati dan salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D