Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Jumat, 01 April 2016

Resep Membuat Srikayo Pisang Rajo Khas Riau

Advertisement
Advertisement

Resep Srikayo Pisang Rajo Khas Riau – Jajanan khas Indonesia memang beragam. Ada yang disebut kue basah, ada pula yang disebut kue kering. Kue basah sendiri juga ada bermacam-macam jenis dan rasanya. Begitu pula dengan kue kering. Jadi, sebenarnya Indonesia sangat kaya dengan memiliki aneka kuliner tersebut. Ada satu kuliner yang bernama unik dan tergolong dalam kue basah. Apa itu?

Srikayo pisang rajo bukan merupakan makanan yang terbuat dari buah srikaya dan pisang raja. Tapi, benar jika jajanan tersebut terbuat dari potongan pisang raja, yang kemudian diolah bersama kocokan telur, gula pasir, daun pandan serta santan dengan resep srikayo pisang rajo khas Riau. Rasanya yang manis, kenyal dan legit membuat Anda ingin segera mencicipinya.
Srikayo Pisang Rajo Khas Riau
Srikayo Pisang Rajo Khas Riau
Di Riau, Anda bisa menemukan jajanan ini dengan mudah, terutama di pasar tradisional maupun di penjual kue yang ada di pinggir jalan. Dengan perpaduan rasa yang khas, makanan ini dijual dengan harga yang murah. Meskipun begitu, pengolahannya juga sangat berpengaruh bagi hasil jajanan ini, yaitu dengan resep srikayo pisang rajo khas Riau.

Namun, Anda juga dapat mengolahnya di rumah menggunakan resep tersebut, untuk mempermudah Anda menyajikannya dengan sederhana. Baca kelanjutan resep srikayo pisang rajo khas Riau di bawah ini supaya Anda dapat menyajikannya tanpa kebingungan.

Bahan:

  • 3 buah pisang raja, kupas
  • 4 butir telur, kocok lepas
  • 1 ¼ ons gula pasir
  • ¼ sendok teh garam
  • 1 lembar daun pandan, potong-potong
  • 400 ml santan dari ½ butir kelapa

Cara Membuat:

  1. Siapkan bahan-bahan dan pelengkap yang digunakan untuk membuat srikayo pisang rajo khas Riau
  2. Setelah itu, ambil pisang yang sudah dikupas kemudian potong-potong dengan ketebalan ½ cm
  3. Siapkan loyang dengan ukuran 16x16x4 cm yang telah diolesi minyak goreng tipis-tipis dan dialasi plastik
  4. Tata potongan pisang di atasnya lalu sisihkan dulu untuk mencampur kocokan telur bersama gula pasir, garam dan daun pandan
  5. Tuangkan santan sedikit demi sedikit sembari diaduk rata hingga gulanya larut. Berikutnya saring lalu tuangkan di atas loyang yang berisi potongan pisang tadi
  6. Kalau sudah, kukuslah adonan tersebut selama 50 menit menggunakan api kecil hingga matang
  7. Angkat lalu dinginkan sebentar kemudian potong-potong sesuai selera dan sajikan di piring saji
  8. Srikayo pisang rajo khas Riau siap dinikmati

Baca Juga : Resep Membuat Gulai Itik Khas Kalimantan Selatan
Resep srikayo pisang rajo khas Riau di atas akan menghasilkan 9 potong kue yang bisa Anda sajikan untuk acara ngemil bersama keluarga di rumah. Kue ini juga bisa disajikan saat hari raya dan akan menambah kenikmatan serta kebersamaan dengan keluarga besar. Salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D