Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Rabu, 20 April 2016

Resep Membuat Telur Pindang Khas Jogja

Etik Iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Telur Pindang Khas Jogja – Satu lagi olahan telur bebek yang bisa Anda temukan di beberapa daerah di Indonesia. Telur pindang. Makanan tersebut biasanya dihidangkan dengan gudeg serta sambal goreng krecek. Sudah tahu, kan, gudeg? Bila belum pernah merasakannya, Anda bisa mencari penampakan gudeg serta isiannya seperti apa.

Dalam resep telur pindang khas Jogja ini, bahan utamanya diolah bersama daun jambu, daun jati, kulit bawang merah, lengkuas dan salam setelah direbus. Tapi, proses pencampuran tersebut terjadi setelah perebusan kedua. Artinya, sebelumnya telur sudah direbus dulu. Akan tetapi, kenapa menggunakan bahan-bahan yang sangat aneh dan jarang digunakan?

Telur Pindang Khas Jogja
Telur Pindang Khas Jogja
Bahan-bahan seperti daun jati, daun jambu dan juga kulit bawang merah ini digunakan untuk pewarnaan serta pengawetan telur hasil resep telur pindang khas Jogja. Menurut Wikipedia Bahasa Indonesia, proses pewarnaan telur pindang tersebut berasal dari terserapnya pigmen alamiah oleh bahan-bahan pewarna selama perebusan.

Maksud resep telur pindang khas Jogja adalah, daun jati memberikan warna merah, kulit bawang menghasilkan warna merah muda dan daun biji menghasilkan warna kuning kehijauan. Adanya tanin pada daun jati menyebabkan telur berwarna coklat. Selain itu, tanin juga menyebabkan protein pada permukaan telur menggumpal, sehingga menutup pori-pori telur serta kerusakan telur jadi terhambat.

Selain itu, pemindangan telur memang membuat telur itu sendiri lebih awet jika dibandingkan dengan telur rebus biasa. Lagipula, bahan pewarnanya juga alami, tidak akan merugikan diri Anda sendiri jika mengkonsumsinya. Yuk, mari simak terus resep telur pindang khas Jogja.

Bahan:

  • 10 butir telur bebek
  • 10 lembar daun jambu
  • 3 lembar daun jati
  • ½ ons kulit bawang merah
  • ½ ons gula merah, sisir halus
  • 2 cm lengkuas, dimemarkan
  • 3 lembar daun salam, dimemarkan
  • 1 sendok makan garam
  • 2 liter air

Cara Membuat:

  1. Pertama, persiapkanlah bahan-bahan yang diperlukan untuk mengolah telur pindang khas Jogja
  2. Kedua, rebus telur bebek hingga matang selama beberapa menit.
  3. Lalu, angkat dan dinginkan sebentar sebelum dikupasi kulitnya. Cara mendinginkannya bisa dengan direndam air dingin
  4. Kemudian, kupas kulitnya dan lakukan langkah ini sampai selesai
  5. Sesudahnya, rebus kembali telur bebek dalam air bersama daun jambu dan daun jati.
  6. Selanjutnya, masukkan kulit bawang merah, daun salam dan lengkuas ke dalamnya sambil diaduk-aduk
  7. Berikutnya, beri garam dan gula merah supaya lebih terasa. Gunakan api kecil untuk memasaknya hingga meresap sempurna
  8. Terakhir, angkat dan tiriskan airnya. Telur pindang bisa langsung disajikan di piring saji dan dinikmati

Baca Juga : Resep Membuat Soto Banjar Khas Kalimantan Selatan
Demikian resep telur pindang khas Jogja. Anda akan menghasilkan 10 buah atau 10 porsi sajian jika mengolahnya dengan resep tersebut. Bila ingin simple, Anda bisa langsung menyajikannya bersama sambal goreng saja. Namun, jika tidak terburu-buru, silahkan buat pula sambal goreng krecek supaya terlihat seperti gudeg dari Jogja. Selamat menikmati dan salam koki!

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D

 


Suka

Langganan Resep Terbaru

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana