Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Selasa, 12 April 2016

Resep Membuat Udang Gimbal Khas Cianjur

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Udang Gimbal Khas Cianjur – Sate maranggi adalah makanan khas Cianjur yang berbahan utama daging dan lemak sapi serta dihidangkan dengan sambal oncom. Selain sajian itu, Cianjur juga memiliki sate lidah semur, yang mana berbahan utama potongan lidah sapi. Diolah bersama bumbu semur sehingga memberikan sensasi rasa berbeda saat menyantapnya. Ada pula sup ikan yang turut memberikan kesegaran bagi siapapun yang menyantapnya.

Namun, kalau berbicara soal makanan ringan, udang gimbal khas Cianjur ini patut Anda coba. Makanan yang mirip dengan bakwan tersebut berbahan utama udang jerbung yang diolah dengan campuran tepung terigu, telur, daun bawang dan bahan lainnya dengan resep udang gimbal khas Cianjur. Rasanya gurih dan cocok untuk camilan Anda.
Udang Gimbal Khas Cianjur
Udang Gimbal Khas Cianjur 
Walaupun makanan ini dibilang mirip dengan bakwan, namun campuran yang ada di dalamnya sangat berbeda. Bakwan tidak menggunakan santan, hanya air biasa untuk campuran tepung terigunya. Sedangkan dalam resep udang gimbal khas Cianjur ini, santan digunakan untuk memberikan rasa gurih serta sensasi unik ketika pertama kali digigit.

Anda bisa mengolahnya di rumah dengan resep udang gimbal khas Cianjur di bawah ini. Bahan-bahan yang digunakan tidak rumit dan cara pengolahannya tidak akan membuat Anda bingung. Tidak juga memakan banyak waktu Anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil menghidangkannya!

Bahan:

  • ¼ kg udang jerbung
  • 1 ons tepung terigu
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • 1 batang daun bawang, iris halus
  • ¾ sendok teh garam
  • 75 ml santan dari ½ butir kelapa
  • ½ sendok teh ketumbar bubuk
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat:

  1. Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan, termasuk udang jerbung yang sudah dibuang kulitnya serta dipotong-potong sesuai selera
  2. Kemudian cuci bersih potongan udang tersebut. Tiriskan, lalu ambil wadah untuk mencampur tepung terigu, garam, ketumbar bubuk dan santan
  3. Aduk merata sembari menambahkan kocokan telur. Masukkan potongan udang jerbung serta daun bawang
  4. Silahkan diaduk rata lagi, lalu panaskan minyak dan masukkan sendok sayur ke dalamnya. Gunakan api sedang, lalu angkat sendok sayurnya
  5. Tuang campuran udang jerbung tadi kemudian masukkan kembali ke dalam minyak panas. Diamkan sampai setengah matang
  6. Keluarkan lalu goreng hingga matang. Angkat kemudian tiriskan. Lakukan langkah ini sampai adonan habis
  7. Sajikan di piring saji untuk lekas dinikmati

Baca Juga : Resep Membuat Ikan Garo Jagung Khas Gorontalo
Resep udang gimbal khas Cianjur di atas akan menghasilkan 9 buah hidangan yang dapat Anda santap bersama sambal kecap, sambal petis atau cabai rawit. Untuk menambah kenikmatannya, Anda bisa memberi penyedap rasa secukupnya. Hidangan bisa lekas Anda nikmati bersama keluarga. Salam koki dan tunggu resep-resep berikutnya dari kami!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D