Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Jumat, 15 April 2016

Resep Membuat Wedang Uwuh Khas Solo

Etik Iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Wedang Uwuh Khas Solo – Bila Anda sebelumnya sudah membaca resep wedang uwuh khas Jogja, pasti akan langsung mengetahui bahwa minuman yang dari Solo ini mengadopsi resep dari saudaranya tersebut. Tapi, di Solo unik lagi karena nama minuman ini juga sering diganti seperti wedang oweuweh. Namun, membacanya tetap wedang uwuh biasa.

Sejarah wedang uwuh dan asal-usul namanya sudah kami bahas sebelumnya. Kali ini, kami hanya akan mengulang. Pada resep wedang uwuh khas Solo ini memiliki arti yang sama dengan wedang uwuh dari Jogja. Uwuh yang berarti sampah dedaunan atau tumpukan ampas daun ini menjadi minuman yang dapat memberi kenyamanan bagi tubuh Anda. Lalu, bagaimana perbedaannya dengan wedang uwuh dari Jogja?

Wedang Uwuh Khas Solo
Wedang Uwuh Khas Solo
Perbedaannya, kalau wedang uwuh khas Jogja lebih lengkap karena menggunakan daun pala serta daun cengkeh kering. Sementara pada resep wedang uwuh khas Solo ini yang digunakan bukan daun pala, melainkan biji palanya. Tapi, keduanya tetap nikmat dan patut dilestarikan sebagai salah satu minuman yang berkhasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Jadi, selain dapat membuat tubuh Anda semakin rileks dan nyaman, wedang uwuh juga berkhasiat memberantas penyakit-penyakit baik ringan maupun yang sudah fatal. Contohnya saja seperti batuk, baik itu batuk biasa maupun batuk darah TBC, diare, sifilis dan masih banyak lagi. Karena kandungan anti koagulasi dan anti bakteri pada kayu secang, nih. Tidak rugi, bukan membuatnya dengan resep wedang uwuh khas Solo?

Bahan:

  • 700 ml air
  • 13 butir cengkeh
  • 6 cm jahe, bakar dan kupas lalu memarkan
  • 40 gram kayu secang
  • ½ ons gula batu
  • 3 buah biji pala
  • 2 batang kayu manis

Cara Membuat:

  1. Pertama, Anda harus mempersiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk mengolah wedang uwuh khas Solo
  2. Kedua, ambil panci untuk merebus air bersama cengkeh dan jahe yang sudah dimemarkan.
  3. Lalu, masukkan kayu secang bersama kayu manis dan biji pala.
  4. Kemudian, beri gula batu atau bisa juga diganti dengan gula pasir sambil diaduk-aduk sampai gula larut dan matang
  5. Selanjutnya, bila kuah sudah mendidih Anda bisa mengangkat dan mendinginkannya dulu selama beberapa saat
  6. Setelah sudah agak hangat, saring dan masak kembali hingga mendidih. Angkat dan tuang di gelas saji
  7. Terakhir, hidangan wedang uwuh khas Solo bisa langsung dinikmati!

Baca Juga : Resep Membuat Nasi Jaha Khas Sulawesi Utara
Resep wedang uwuh khas Solo tidak kalah, bukan dengan wedang uwuh yang dari Imogiri, Jogja? Walaupun bahan-bahan yang digunakan sedikit berbeda, tapi tetap saja bahan utamanya adalah kayu secang yang dipercaya sangat bermanfaat bagi kesehatan Anda. Minum wedang uwuh khas Solo ini sebagai penghangat tubuh di malam hari dan konsumsi 2 hari sekali untuk memberi rasa nyaman pada tubuh Anda. Salam koki!

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D

 


Suka

Langganan Resep Terbaru

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana