Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Kamis, 05 Mei 2016

Resep Membuat Cakra Khas Madura

Advertisement
Advertisement

Resep Cakra Khas Madura – Jajanan khas Indonesia, terutama yang telah ada sejak dulu masih belum menghilang dari pasaran. Meskipun sebagian sudah tidak diproduksi lagi, namun ada yang masih dipertahankan bersama cita rasanya yang telah ada sejak zaman nenek moyang kita. Seperti jajanan yang akan kami bahas ini.

Anda pernah tahu kue matahari atau yang sering disebut juga dengan kembang goyang? Bentuknya seperti roda atau bisa juga diartikan sebagai bunga yang mekar. Kalau di Madura makanan ini diberi nama cakra. Hal tersebut berkaitan dengan senjata cakra yang ada dalam pewayangan, karena memang bentuknya sangat mirip. Makanan ini tetap mempertahankan rasanya, sebab diolah dengan resep cakra khas Madura.
 Cakra Khas Madura
 Cakra Khas Madura
Cakra sendiri terbuat dari campuran tepung beras, santan, gula pasir dan bahan lainnya. Jika sudah tercampur kemudian digoreng dengan cetakan yang telah disiapkan. Anda pasti bisa menemukan cetakan sajian yang dibuat dengan resep cakra khas Madura ini di toko-toko atau swalayan terdekat. Ada yang kecil dan ada pula yang berukuran besar, tergantung keinginan Anda.

Membuatnya dengan resep cakra khas Madura sangatlah mudah, karena bahan-bahan yang dibutuhkan tidak terlalu banyak. Proses pembuatannya juga tidak memakan waktu yang lama, lagipula langkah-langkah yang ada telah tersedia untuk Anda. Selamat mencoba membuatnya dan semoga berhasil!

Bahan:
  • 1 ½ ons tepung beras
  • 200 ml santan
  • ½ ons gula pasir
  • 2 butir telur
  • ¼ sendok teh garam
  • Minyak goreng secukupnya
Cara Membuat:
  1. Pertama, Anda bisa menyiapkan seluruh bahan dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk mengolah cakra khas Madura ini
  2. Kemudian ambil wadah dan kocok telur bersama gula pasir sampai mengembang. Masukkan tepung beras lalu aduk rata
  3. Tuangi santan dan garam sembari tetap dikocok sampai benar-benar tercampur. Kalau sudah, panaskan minyak dulu
  4. Celupkan cetakan kembang goyang ke dalam minyak yang panas selama beberapa saat agar ikut panas juga
  5. Lalu celupkanlah cetakan tersebut ke dalam adonan dan segera masukkan ke dalam minyak goreng sembari digoyang-goyangkan
  6. Biarkan sampai adonan lepas, lalu goreng sampai kering dan matang. Lakukan langkah ini sampai adonan habis
  7. Tiriskan lalu sajikan di piring saji sebelum menyimpannya dalam toples. Sajian cakra khas Madura siap dinikmati
Baca Juga : Resep Membuat Gudeg Koyor Khas Semarang
Resep cakra khas Madura di atas akan menghasilkan 460 gram sajian yang bisa Anda jadikan suguhan untuk para tamu. Jajanan ini juga cocok disantap saat waktu santai bersama keluarga, baik itu ketika mengobrol bersama maupun nonton TV. Tambahkan takaran bahan untuk menghasilkan cakra yang lebih banyak. Selamat menikmati dan salam koki! Jangan lupa mencoba resep-resep terbaru dari kami, ya!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D