Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Jumat, 20 Mei 2016

Resep Membuat Gulai Ikan Sembilang Asam Pedas Khas Riau

Advertisement
Advertisement

Resep Gulai Ikan Sembilang Asam Pedas Khas Riau – Gulai adalah makanan khas Indonesia yang pada umumnya berbahan utama daging kambing. Sajian berkuah santan ini biasanya disajikan dengan sangat kental lalu disantap bersama sate kambing pula. Meskipun demikian, banyak sekali daerah yang mengkreasikan gulai tidak hanya menggunakan daging kambing sebagai bahan bakunya.

Gulai ayam, gulai itik, gulai ikan dan masih banyak lagi jenis gulai yang tidak menggunakan daging kambing sebagai bahan bakunya. Jadi, orang yang memiliki kolesterol tinggi tidak perlu khawatir untuk menyantap gulai. Meskipun dengan bahan lainnya, gulai khas Indonesia tetaplah lezat karena kaya akan rempah-rempah di dalamnya, seperti dalam resep gulai ikan sembilang asam pedas khas Riau ini.

Gulai Ikan Sembilang Asam Pedas Khas Riau
Gulai Ikan Sembilang Asam Pedas Khas Riau
Kalau dalam bahasa Minangkabau, makanan ini disebut dengan gulai ikan sembilang asam pedah. Gulai ikan sembilang merupakan makanan khas Melayu dan Minangkabau, khususnya Riau, Kepulauan Riau, Jambi serta Semenanjung Malaya. Makanan yang diolah dengan resep gulai ikan sembilang asam pedas khas Riau ini memiliki ciri rasa asam pedas yang sangat dominan.

Hidangan tersebut bisa ditemukan di rumah Padang yang tersebar di seluruh Indonesia. Cocok sekali untuk santap makan siang. Sajian ini tidak menggunakan santan, melainkan air kelapa. Unik, bukan? Lalu ada perasan air jeruk kasturi pula dalam resep gulai ikan sembilang asam pedas khas Riau yang menambah rasa segar pada sajiannya.

Bahan:

  • ½ kg ikan sembilang
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas, digeprek
  • 1 batang serai, digeprek
  • 1 buah jeruk kasturi, peras airnya
  • 1 gelas air kelapa

Bumbu Halus:

  • 1 ons cabai merah
  • 6 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri
  • 2 cm jahe
  • Gula pasir secukupnya

Cara Membuat:

  1. Pertama, siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk mengolah gulai ikan sembilang asam pedas khas Riau
  2. Kedua, cuci bersih ikan sembilang kemudian goreng kering dalam minyak panas. Angkat dan tiriskan
  3. Berikutnya, panaskan minyak kembali untuk menumis semua bumbu halus bersama serai, daun salam dan lengkuas hingga harum
  4. Lalu beri air perasan jeruk kasturi serta air kelapa sedikit demi sedikit. Aduk-aduk campuran tersebut hingga mendidih
  5. Selanjutnya, masukkan ikan sembilang sambil tetap diaduk supaya bumbunya meresap dan matang
  6. Terakhir, angkat lalu sajikan di piring saji. Sajian gulai ikan sembilang asam pedas khas Riau siap dinikmati

Baca Juga : Resep Membuat Acar Khas Riau
Demikianlah resep gulai ikan sembilang asam pedas khas Riau yang sudah Anda hidangkan untuk makan siang keluarga. Santaplah bersama nasi putih hangat serta es jeruk sebagai minumnya. Selamat menikmati dan salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D