Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Rabu, 04 Mei 2016

Resep Membuat Putu Bambu Khas Bojonegoro

Advertisement
Advertisement

Resep Putu Bambu Khas Bojonegoro – Putu bambu merupakan makanan khas Indonesia yang sudah tidak asing lagi. Makanan ini biasa ditemukan di pinggir jalan apalagi ketika malam hari. Aroma dan rasanya yang khas dapat menghipnotis para pengguna kendaraan bermotor untuk mampir sejenak menikmatinya. Jika disajikan bersama kopi dan teh sangat nikmat dan bisa membuat Anda melek kembali.

Salah satu kota yang memiliki hidangan ini adalah Bojonegoro. Kota tersebut berada di Jawa Timur dan menghadirkan putu bambu dengan kekhasan rasa. Mereka biasa membuat hidangan tersebut dengan resep putu bambu khas Bojonegoro. Di samping karena mudah, hasilnya pun sangat istimewa. Jadi, kalau Anda sedang berkunjung ke sana, jangan lupa mampir karena putu bambu sudah menunggu Anda.
Putu Bambu Khas Bojonegoro
Putu Bambu Khas Bojonegoro
Namun, Anda bisa membuatnya dengan resep yang sama yang digunakan oleh masyarakat Bojonegoro, yaitu resep putu bambu khas Bojonegoro. Langkah-langkah yang harus diterapkan sangatlah mudah. Anda bisa membuktikannya sendiri dengan membaca ulasan di bawah ini!

Bahan:
  • 4 ons tepung beras kering
  • 1 ½ ons kelapa parut
  • 1 ¼ ons gula merah, sisir halus
  • 2 lembar daun pandan
  • 1 sendok teh garam
  • 2 ½ gelas air
  • Cetakan bambu diameter 3-5 cm
  • Daun pisang secukupnya
Cara Membuat:
  1. Rebus air bersama daun pandan dan garam, aduk sebentar lalu angkat dan diamkan hingga agak hangat
  2. Masukkan tepung beras dalam wadah, tuangi air pandan hangat tadi sedikit demi sedikit sembari tetap diaduk menggunakan tangan sampai rata dan berbutir halus.
  3. Lakukan langkah tersebut hingga air habis. Kemudian ambil saringan kasar lalu saring adonan tepung, gosok-gosok sampai membentuk butiran halus
  4. Siapkan cetakan bambu lalu masukkan ½ adonan tepung dan lubangi bagian tengahnya. Tambahkan sisiran gula merah lalu tutup sampai penuh menggunakan adonan tepung. Ratakan
  5. Balik cetakan dan simpan di atas loyang yang sudah dialasi daun pisang. Lakukan langkah tersebut sampai adonan habis dan loyang dapat menampungnya
  6. Berikutnya adalah mengukus putu bambu dengan api besar selama 10 menit. Angkat lalu keluarkan dari cetakan dan sajikan di piring saji
  7. Tambahi parutan kelapa di atasnya dan segera nikmati kue putu hangat-hangat.
Baca Juga : Resep Nasi Gandul Khas Semarang
Benar sekali, menikmati sajian yang terbuat dari resep putu bambu khas Bojonegoro memang sangat nikmat kalau masih panas atau hangat bersama teh ataupun kopi. 

Rasa khasnya yang selalu mengganggu pikiran Anda juga membuat Anda ketagihan. Jadi, daripada membeli di pinggir jalan, lebih baik Anda mengolahnya sendiri di rumah. Kalau sudah tahu caranya, kan lebih memudahkan Anda. Selamat mencoba resep putu bambu khas Bojonegoro, ya. Salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D