Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Kamis, 26 Mei 2016

Resep Membuat Sambal Lecet Khas Bengkulu

Advertisement
Advertisement

Resep Sambal Lecet Khas Bengkulu – Membicarakan sambal khas Indonesia memang tidak ada habisnya. Apalagi sekarang, sambal tidak hanya terbuat dari bawang putih, cabai rawit, gula merah dan garam saja. Sudah banyak sambal yang mencampurkan bumbu-bumbu dengan buah, daging dan sebagainya.

Jika di Garut terdapat sambal cibiuk yang sangat unik proses penyajiannya, mulai dari menguleg semua bahan lalu mencampurkannya dengan tomat yang dibejek-bejek bersama kemangi. Di daerah lainnya juga terdapat sajian sambal yang sangat unik dari segi penyajian. Apakah yang sedang diperbicarakan kali ini? Ya, kami sedang membicarakan sajian dari resep sambal lecet khas Bengkulu.

Sambal Lecet Khas Bengkulu
Sambal Lecet Khas Bengkulu
Sambal tersebut terbuat dari aneka bahan seperti tomat, bawang merah, bawang putih, cabai merah dan cabai rawit yang dibungkus daun pisang bersama terasi. Bungkusan tersebut kemudian dibakar hingga matang, setelah itu dihaluskan bersama gula merah dan aneka bumbu lainnya dalam resep sambal lecet khas Bengkulu.

Membuat sambal ini memang sedikit ribet, karena bahan-bahan tidak langsung diuleg semua seperti ketika membuat sambal bawang, misalnya. Tapi, segala sesuatu yang menggunakan cara unik sudah pasti menghasilkan sesuatu yang menarik. Begitu pula dengan sajian dari resep sambal lecet khas Bengkulu ini.

Jadi, untuk Anda yang ingin berkreasi di dapur, wajib mencoba resep tersebut. Bosan, bukan kalau terus menerus mengolah sambal yang sama? Resep sambal lecet khas Bengkulu di bawah ini bakal memandu Anda membuatnya!

Bahan:

  • ¾ sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok makan terasi goreng
  • 2 buah tomat
  • 4 siung bawang putih
  • 6 buah cabai rawit merah
  • 8 butir bawang merah
  • 10 buah cabai merah keriting
  • Daun pisang secukupnya

Cara Membuat:

  1. Pertama, siapkanlah bahan-bahan untuk membuat sambal lecet khas Bengkulu sesuai takaran di atas
  2. Kedua, cuci bersih bahan-bahan seperti tomat, bawang putih, bawang merah, cabai rawit merah, cabai merah keriting, lalu tiriskan
  3. Selanjutnya, ambil selembar daun pisang dan letakkan semua bahan sambal yang telah dicuci bersama terasi goreng
  4. Lalu campur hingga merata dan bungkus kemudian semat menggunakan lidi
  5. Berikutnya, bakarlah bahan tersebut sampai matang. Angkat
  6. Kemudian keluarkan dari bungkusan dan campur bersama gula pasir serta garam dalam ulegan.
  7. Haluskan bersama hingga tercampur rata.
  8. Terakhir, sajikan sambal lecet khas Bengkulu di wadah saji untuk segera dinikmati

Baca Juga : Resep Membuat Sate Balanga Khas Gorontalo
Itu dia resep sambal lecet khas Bengkulu. Sambal lecet bisa Anda santap bersama ayam goreng serta lalapan. Selain itu, sambal lecet ini juga cocok dijadikan pelengkap lauk apapun yang Anda makan, lho. Jadi, selamat menikmatinya dan salam koki!

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D

 


Suka

Langganan Resep Terbaru

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana