Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Minggu, 15 Mei 2016

Resep Membuat Tatabun Khas Madura

Advertisement
Advertisement

Resep Tatabun Khas Madura – Kuliner khas Nusantara yang sangat beragam tersebut sudah sepantasnya dilestarikan. Apalagi kuliner ataupun jajanan tradisional yang telah ada sejak nenek moyang kita. Meskipun jajanan tersebut masih dijual di pasar tradisional, keberadaannya seolah terisolasi dengan dunia luar dan kalah dengan makanan cepat saji yang sering dikonsumsi berbagai kalangan.

Jajanan seperti getuk, wajik ketan, cenil, lemper, nagasari sudah jarang ada terutama di daerah perkotaan. Seandainya masih dilestarikan, tentu saja tidak ada orang yang tidak pernah mencicipi sajian tersebut. Tapi, berbicara soal getuk dan wajik, di Madura ada hidangan yang hampir sama dengan kedua jajanan tersebut. Hidangan itu diolah dengan resep tatabun khas Madura.

Tatabun Khas Madura
Tatabun Khas Madura
Kenapa dikatakan sama dengan wajik dan getuk? Sebab, kalau dilihat dari kejauhan tatabun memang mirip wajik, karena warnanya yang sama sedangkan jika didekati akan terlihat seperti getuk. Namun, sebenarnya bahan pembuatnya dalam resep tatabun khas Madura sama sekali berbeda.

Wajik dari ketan, getuk dari singkong, sementara tatabun dari campuran kacang hijau rebus dengan tepung sagu dan tepung beras. Diolah secara sederhana menggunakan resep tatabun khas Madura di bawah ini!

Bahan:

  • 3 ons kacang hijau kupas
  • ¾ ons tepung beras
  • ¼ ons tepung sagu
  • 1 ½ ons kelapa parutan kasar
  • 2 ½ ons gula merah, sisir halus
  • ½ sendok teh garam
  • 600 ml air
  • Minyak goreng secukupnya untuk olesan
Bahan Taburan:
  • 1 ½ ons kelapa parutan kasar
  • ¼ sendok teh garam
Cara Membuat:
  1. Pertama, siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk mengolah tatabun khas Madura
  2. Kedua, ambil kacang hijau lalu cuci hingga bersih. Tiriskan
  3. Selanjutnya, rebus kacang hijau tersebut hingga empuk atau lunak selama beberapa menit. Angkat lalu tiriskan
  4. Setelah itu, campur kacang hijau yang telah direbus tadi bersama tepung beras, tepung sagu serta sisiran gula merah dan garam
  5. Masukkan parutan kelapa sambil diaduk merata
  6. Ambil loyang dengan ukuran 20x20x4 cm dan olesi dengan minyak tipis-tipis. Alasi bagian atasnya menggunakan daun pisang.
  7. Tuangkan adonan tatabun ke dalamnya sambil diratakan. Sesudah itu, kukuslah selama setengah jam dengan api sedang. Tunggu sampai matang.
  8. Sementara itu, campurkan bahan taburan sampai merata dan kukus pada panci lain dengan api sedang juga. Kukus selama beberapa menit sampai matang dan harum. Angkat
  9. Angkat loyang yang berisi kue tatabun, lalu dinginkan sebentar sebelum dipotong-potongi sesuai selera.
  10. Sajikan potongan tersebut di piring saji dan taburi dengan campuran kelapa parut yang telah dikukus tadi
  11. Hidangan siap dinikmati
Baca Juga : Resep Membuat Dodol Hideung Ketan Khas Karawang
Resep tatabun khas Madura di atas akan menghasilkan 12 potong sajian. Selamat menikmatinya sebagai teman minum teh dan salam koki!

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D

 


Suka

Langganan Resep Terbaru

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana