Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Kamis, 16 Juni 2016

Resep Membuat Es Kopyor Khas Kebumen

Advertisement
Advertisement

Resep Es Kopyor Khas Kebumen – Seperti yang sudah kami bahas sebelumnya, bahwa es merupakan minuman yang penuh daya tarik. Banyak sekali orang yang menyukai es, meskipun sebagian juga menolak mengkonsumsi minuman ini dengan alasan tertentu. Seperti takut gemuk, takut tenggorokan sakit dan sebagainya. Padahal sebenarnya, Anda boleh menyantap minuman ini sesekali.

Ada bermacam-macam es, mulai dari yang sederhana seperti es teh dan es jeruk. Yang sedang-sedang saja seperti es kopyor, es degan dan olahan jus dingin sampai yang lumayan rumit seperti es campur dan es cendol, dengan isian yang banyak pula. Berbicara soal es kopyor, kami memiliki salah satu resep es kopyor dari salah satu kota di Jawa Tengah. Resep tersebut adalah resep es kopyor khas Kebumen.
Es Kopyor Khas Kebumen
Es Kopyor Khas Kebumen
Es kopyor khas Kebumen ini juga bisa disebut sebagai es agar-agar. Kenapa demikian? Sebab, isiannya berupa agar-agar yang dicampur dengan santan lalu dimasak bersama. Minuman dengan resep es kopyor khas Kebumen ini disajikan bersama susu kental manis dan sirup merah pula, jadi menambah warna yang cantik dan menarik, serta memiliki rasa yang sangat khas.

Namun, alangkah baiknya Anda tidak menggunakan susu kental manis terlalu banyak pada sajian ini. Karena akan menyebabkan eneg, apalagi santan juga sudah berpadu dengan sirup merah pula. Bila Anda ingin mencoba membuatnya, silahkan membaca kelanjutan resep es kopyor khas Kebumen di bawah ini supaya lebih mudah dan tidak membuat Anda bingung.

Bahan:

  • 1 bungkus agar-agar bubuk putih
  • Sirup merah secukupnya
  • Susu kental manis secukupnya
  • Es batu secukupnya
  • 400 ml santan kental dari 1 butir kelapa
  • Es serut secukupnya
  • Es balok secukupnya

Cara Membuat:

  1. Pertama, siapkan bahan-bahan dan peralatan sesuai takaran di atas. Anda juga bisa menyeruh es dengan alat yang telah disiapkan
  2. Kedua, campurkan agar-agar bubuk bersama santan. Aduk merata, lalu panaskan dalam kompor sebentar saja, jangan sampai mendidih. Angkat
  3. Lalu ambil sesendok demi sesendok campuran agar-agar tersebut dan taruh di atas es batu sampai mirip kopyor. Ulangi sampai selesai
  4. Setelah itu, ambillah gelas dan taruh kopyor di dalamnya. Siram dengan sirup merah serta susu kental manis
  5. Terakhir, beri es serut lalu segera sajikan untuk dinikmati bersama

Baca Juga : Resep Membuat Mie Tite Khas Semarang
Itu tadi merupakan resep es kopyor khas Kebumen yang pantas Anda coba. Sajikan bersama santap siang yang meriah dengan keluarga. Tapi, sebelumnya baca tips dari kami terlebih dahulu, ya! Tidak bisa dipungkiri bahwa es memang penyebab batuk dan flu, namun jika dikonsumsi terlalu banyak. Selama Anda membatasi, pasti tidak akan terjadi hal-hal yang demikian. Selamat menikmati dan salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D