Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Minggu, 05 Juni 2016

Resep Membuat Pais Sagu Pisang Khas Bogor

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Pais Sagu Pisang Khas Bogor – Pais, sebutan untuk sajian yang proses penyajiannya dengan cara dibungkus daun pisang lalu dikukus maupun dibakar sampai matang. Makanan ini sudah terkenal sejak dulu dengan nama yang berbeda-beda, seperti pepes dan pelas. Di daerah Jawa sendiri, orang lebih mengenalnya dengan nama pepes ataupun pais.

Namun, jika mendengar nama pepes, pasti orang akan langsung berpikir bahwa itu merupakan sajian yang berbahan utama ikan, seperti tongkol, nila, gurame maupun kakap. Tapi, jika Anda merupakan warga Bogor pasti sudah tidak asing lagi dengan sajian pais kali ini. Sajian atau jajanan tersebut biasa diolah masyarakat dengan resep pais sagu pisang khas Bogor.
Pais Sagu Pisang Khas Bogor
Pais Sagu Pisang Khas Bogor
Kenapa dinamakan pais sagu pisang? Sebab, makanan ini dibuat dengan bahan utama pisang ambon yang dicampur bersama tepung sagu, gula merah serta garam. Uniknya, pisang ambon yang digunakan tidak dihaluskan semua, melainkan ada yang dipotongi kotak-kotak sesuai dalam resep pais sagu pisang khas Bogor.

Yang menarik lagi, makanan tersebut dibungkus dengan daun pisang seperti bungkus pepes pada umumnya. Setelah itu, sesuai dengan yang sudah kami katakan tadi, bungkusan pais dibakar di atas bara api hingga matang. Barulah sajian dengan resep pais sagu pisang khas Bogor tersebut dihidangkan di piring saji.

Anda bisa menyajikannya sebagai camilan di waktu santai sambil minum kopi. Alangkah nikmatnya jika sajian ini disajikan hangat-hangat. Jadi, langsung saja mengolahnya dengan resep pais sagu pisang khas Bogor ini, ya!

Bahan:

  • 2 buah pisang ambon, potong dadu kecil-kecil
  • 2 buah pisang ambon
  • 1 ons tepung sagu
  • ¾ ons gula merah, disisir halus
  • ¼ sendok teh garam
  • Daun pisang secukupnya

Cara Membuat:

  1. Pertama, siapkan semua bahan dan bumbu yang diperlukan untuk membuat olahan pais sagu pisang
  2. Kedua, kupas semua pisang ambon yang dibutuhkan sebelum dipotong dadu. Pisang ambon yang lainnya bisa Anda haluskan dengan ditumbuk saja
  3. Lalu aduklah pisang ambon yang sudah dihaluskan tersebut bersama tepung sagu sampai rata
  4. Kemudian tambahkan sisiran gula merah serta garam. Aduk kembali sembari menambahkan pisang lain yang dipotongi kotak-kotak.
  5. Selanjutnya, siapkan daun pisang dan beri adonan secukupnya. Bungkuslah seperti ketika membungkus pepes. Semat kedua ujungnya menggunakan lidi
  6. Berikutnya, ulangi langkah tersebut sampai semua adonan terbungkus rapi dalam daun pisang.
  7. Terakhir, bakar bungkusan pais sagu pisang di atas bara api sembari dibolak-balik agar matang merata
  8. Lalu angkat dan sajikan di piring saji. Hidangan siap dinikmati

Baca Juga : Resep Membuat Ayam Bumbu Pacah Khas Riau
Resep pais sagu pisang khas Bogor di atas akan menghasilkan 20 bungkus sajian. Selamat menikmati dan salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D