Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Senin, 27 Juni 2016

Resep Membuat Rica-Rica Ayam Khas Kebumen

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Resep Rica-Rica Ayam Khas Kebumen – Ayam adalah bahan makanan hewani yang mudah sekali diolah menjadi hidangan lezat. Daging ayam sendiri banyak peminatnya setiap tahun. Sebagian besar diolah dengan cara digoreng biasa, karena mungkin itulah yang paling simple, ada pula yang memanggangnya bersama bumbu kecap atau menjadikannya sate.

Selain itu, daging ayam juga bisa dimasak dengan cara yang lebih sulit seperti semur, kari, gulai, dan seperti dalam resep rica-rica ayam khas Kebumen. Semua sajian tersebut sangatlah lezat, untuk ukuran lidah masyarakat Indonesia. Hal itu dikarenakan daging ayam yang memang teksturnya lembut, juga bumbu yang digunakan di dalamnya. Namun, cara memasaknya harus benar!
Rica-Rica Ayam Khas Kebumen
Rica-Rica Ayam Khas Kebumen
Karena sudah disebutkan, kami akan langsung saja pada pokok pembahasan. Rica-rica ayam, makanan khas Kebumen yang memiliki rasa pedas serta aroma bumbu yang kuat. Di berbagai daerah memang sudah ada banyak jenis rica-rica, mulai dari rica-rica menthok, bebek, ikan dan ayam sendiri. Akan tetapi, kota di Jawa Tengah ini punya resep rica-rica ayam khas Kebumen yang tidak kalah lezat.

Di bawah ini sudah disebutkan beberapa bahan yang cukup simple untuk mengolah rica-rica ayam sesuai resep yang tertera judulnya. Untuk itu, segeralah baca ulasannya dalam resep rica-rica ayam khas Kebumen berikut!

Bahan:

  • ½ ekor ayam ukuran sedang
  • 150 ml air bersih
  • ½ cangkir minyak goreng

Bumbu Halus:

  • 3 butir bawang merah, kupas
  • 2 butir bawang putih ukuran sedang, kupas
  • 1 buah tomat
  • ½ ons cabai merah
  • ½ sendok teh gula pasir
  • ½ potong jahe
  • Garam secukupnya

Cara Membuat:

  1. Pertama, siapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk mengolah sajian rica-rica ayam khas Kebumen
  2. Kedua, bersihkan daging ayam tersebut dari kotoran dan darahnya. Potong-potong menjadi beberapa bagian, lalu cuci dengan air sampai bersih. Tiriskan
  3. Kemudian, panaskan minyak goreng kurang lebih 2 sendok makan untuk menumis bumbu halus sampai harum
  4. Setelah itu, tambahkan potongan daging ayam serta masak sampai bumbu-bumbunya meresap dan merata ke seluruh daging
  5. Selanjutnya, tuangkan air sedikit saja lalu aduk kembali. Biarkan ayam termasak hingga setengah matang
  6. Berikutnya, pangganglah ayam tersebut sambil diolesi sisa bumbu tumisan tadi. Bolak-balik supaya matang merata, gunakan api sedang saja.
  7. Terakhir, angkat dan sajikan rica-rica ayam khas Kebumen di piring saji. Hidangan siap dinikmati

Baca Juga : Resep Membuat Soto Tangkar Khas Karawang
Demikianlah resep rica-rica ayam khas Kebumen. Dalam resep tersebut kami sengaja tidak memberikan cabai rawit, supaya hasilnya tidak terlalu pedas. Karena itu, kami juga mempersilakan Anda untuk menambahkannya sendiri sesuai selera agar pas di lidah. Sesuaikan dengan siapa saja yang ikut menikmatinya! Selamat menyantap rica-rica ayam dan salam koki!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D