Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Sabtu, 09 Juli 2016

Resep Membuat Kopi Tahlil Khas Pekalongan

Advertisement
Advertisement

Resep Kopi Tahlil Khas Pekalongan – Sebelum-sebelumnya kami sudah membahas mengenai makanan terkenal dari Pekalongan. Tidak ada salahnya kalau kami juga mengenalkan pada Anda apa saja minuman khas Pekalongan yang patut Anda coba. Namun, kali ini kami akan membahas yang pertama dulu, yang mungkin bagi warga Pekalongan adalah santapan sehari-hari.

Adalah kopi tahlil namanya. Minuman ini bukan sembarang kopi, karena dalam proses pembuatannya dicampur dengan aneka bahan lainnya. Bisa dibilang kopi yang dibuat dari resep kopi tahlil khas Pekalongan ini bisa menambah semangat dan menjadi perekat persaudaraan antara masyarakat sekitar. Sebab, rasanya juga sangat nikmat dan cocok menjadi teman ngobrol.

Kopi Tahlil Khas Pekalongan
Kopi Tahlil Khas Pekalongan 
Kopi tahlil sendiri adalah akulturasi budaya Arab yang ada di Pekalongan. Hal itu berkaitan dengan fakta, bahwa warga Pekalongan terdiri dari berbagai keturunan dan yang terbesar adalah Jawa serta Arab. Sehingga tidak aneh, apabila Anda melihat wajah-wajah orang Arab di kota tersebut. Akulturasi itu juga membawa kebiasaan seperti acara tahlilan. Oleh karena itulah, resep kopi tahlil khas Pekalongan tercipta.

Sudah bisa Anda tebak bahwa kopi ini biasa dihidangkan pada acara tahlilan atau peringatan orang meninggal dalam Islam. Kalau menurut kebiasaan warga Pekalongan, minuman dari resep kopi tahlil khas Pekalongan ini biasa menjadi pendamping jajanan mendoan, ketan kinco ataupun kacang goreng. Dijual di warung-warung dengan harga Rp3.000,-. Anda juga bisa menikmatinya versi kopi susu.

Tapi, daripada membeli jauh-jauh, lebih baik Anda mengolahnya sendiri di rumah dengan resep kopi tahlil khas Pekalongan berikut ini. Mudah, mudah dan sesuai dengan selera Anda.

Bahan:

  • 3 liter air
  • 20 butir cengkeh
  • 10 cm kayu manis
  • 10 cm jahe
  • 9 butir kapulaga
  • 1 ons kopi bubuk
  • 2 ons gula merah, disisir halus
  • 7 batang serai, dimemarkan
  • ½ butir pala
  • 3 lembar daun pandan, disimpulkan

Cara Membuat:

  1. Pertama, siapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk mengolah minuman kopi tahlil khas Pekalongan
  2. Kedua, rebuslah air bersama cengkeh, jahe, kayu manis dan kapulaga.
  3. Lalu masukkan serai, daun pandan dan pala sambil diaduk hingga mendidih. Kecilkan api dan masak kembali hingga 2 jam
  4. Setelah itu, masukkan sisiran gula merah dan biarkan sampai gula larut dengan diaduk perlahan. Angkat
  5. Kemudian masukkan kopi sambil diaduk rata.
  6. Terakhir, setelah sudah benar-benar tercampur baru tuang di masing-masing gelas.
  7. Kopi tahlil khas Pekalongan siap dinikmati

Baca Juga : Resep Membuat Oeiloni Khas Gorontalo
Resep kopi tahlil khas Pekalongan di atas akan menghasilkan minuman untuk 6 gelas. Selamat menikmati minuman favorit Anda bersama aneka jajanan. Salam koki dan semoga resep dari kami bermanfaat!

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D

 


Suka

Langganan Resep Terbaru

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana