Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Kamis, 15 September 2016

Manfaat dan Kandungan Gizi Dari Hati Sapi

Etik Iskundarti
Advertisement
Advertisement

Manfaat dan Kandungan Gizi Dari Hati Sapi – Jeroan sapi yang diolah dalam resep hati garo rica khas Sulawesi Utara ini memang banyak digemari. Pasalnya, rasa hati sapi sendiri sudah sangat enak. Mau diolah menjadi apapun juga, pasti membuat Anda tergiur. Banyak masyarakat yang menjadikannya sebagai alternatif ketika bosan dengan daging sapi. Setelah diselidiki, ternyata manfaat dan kandungan gizi dari hati sapi pun tidak kalah dengan dagingnya.

Kandungan Gizi Dari Hati Sapi
Kandungan Gizi Dari Hati Sapi
Daging sapi memiliki kandungan gizi seperti vitamin A, B12, C, asam folat, zinc, fosfor dan zat besi. Kandungan retinolnya bahkan mencapai 13303 ug/1 ons. Sangat baik dikonsumsi bagi yang menjalankan masa penyembuhan dari sakit. Terdapat zat kaolin juga yang membantu perkembangan otak, lho. Daripada penasaran mending langsung baca manfaat dan kandungan gizi dari hati sapi berikut ini, yuk!
  1. Asam Folat dan Zat Besi
    Kekurangan nutrisi ini dapat menyebabkan Anda anemia. Asam folat sendiri adalah bahan esensial sintesis DNA dan RNA yang sangat penting untuk memetabolisme sel darah merah. Kalau zat besi membantu proses pembentukannya. Nah, apa jadinya jika kurang mengkonsumsi keduanya? Pasti mengalami gejala anemia seperti lemah, lesu, pucat dan sebagainya. Sehingga, asam folat dan zat besi pada hati sapi sangat baik bila dikonsumsi ibu hamil yang rentan terhadap anemia. Bahkan, asam folat sangat dibutuhkan janin untuk membantu perkembangan syaraf dan mencegah kecacatan.

  2. Kandungan Vitamin
    Vitamin A
    Selain berperan menjaga kesehatan mata, vitamin A yang bekerja sama dengan zinc juga akan memelihara kesehatan pembuluh darah. Keduanya akan meminimalisir kerusakan pembuluh darah serta meningkatkan metabolisme tubuh dan melindungi sel darah putih dari radikal bebas. Kekurangan vitamin A bisa menyebabkan tubuh Anda rentan terkena bakteri, virus ataupun mikroorganisme lainnya. Selain itu, juga dapat menyebabkan Anda terserang penyakit autoimun.

    Walaupun banyak manfaatnya dan mudah larut dalam lemak, tapi terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A juga tidak baik, karena bisa meracuni tubuh.

    Vitamin B
    Vitamin B pada hati sapi bermanfaat untuk kesehatan otak serta kerja sel syaraf. Anda akan mengalami gangguan selaput syaraf, memori dan kepikunan atau dimentia serta gangguan mental bila kekurangan vitamin B12. Sebab, glukosa yang harusnya disalurkan ke seluruh tubuh sebagai sumber energi terhambat. Sedangkan bila kekurangan B1, akan menyebabkan kecepatan motorik menurun, mental kacau dan gangguan daya ingat serta fungsi kognitif.
  3. Kaolin
    Seperti yang telah dibahas sebelumnya, bahwa kaolin membantu perkembangan otak salah satunya untuk meningkatkan daya ingat. Dalam jurnal Nutritional Neuroscience dan Behavioural Brain Research telah disebutkan bahwa kaolin pada hati sapi dapat meningkatkan memori jangka panjang.
  4. Kandungan Lainnya
    Selenium

    Memiliki manfaat yang sama dengan vitamin A, yakni mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Sehingga pembentukan antioksidan untuk melawan sel kanker dan mencegah penyakit jantung tidak terhambat.

    Sumber Energi

    Karbohidrat dan protein pada hati sapi berkontribusi sebagai sumber energi yang membuat daya tahan tubuh Anda semakin kuat. Pada sepotong hati sapi, terkandung protein sebanyak 40% yang membantu mengubah makanan menjadi energi, memperbaiki sel, membuat enzim dan produksi asi.

    Lemak
    Sebanyak 68 gram hati sapi mengandung 6% lemak dan lemak jenuh dari jumlah yang dibutuhkan.

    Kolesterol

    Kolesterol pada hati sapi jumlahnya sangat tinggi, yaitu 90%. Oleh karena itu, jumlah konsumsinya juga harus dibatasi agar tidak meningkatkan resiko stroke dan penyakit jantung.

Anda bisa coba resep spesial yang berikut ini : Resep Membuat Karmanaci Khas NTT
Anda harus berhati-hati dalam mengkonsumsinya. Sebab, organ hati merupakan penyaring racun pada sistem pencernaan, sehingga sangat rentan tercampur dengan zat kimia, pestisida atau racun lainnya. Pilih hati yang segar, tidak berwarna pekat dan cuci hingga bersih sebelum diolah. Semoga manfaat dan kandungan gizi dari hati sapi berguna untuk memenuhi nutrisi harian Anda. Salam masakan!

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D

 


Suka

Langganan Resep Terbaru

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana