Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Sabtu, 17 September 2016

Manfaat dan Kandungan Gizi Dari Ikan Asin

Etik Iskundarti
Advertisement
Advertisement

Manfaat dan Kandungan Gizi Dari Ikan Asin – Masyarakat di pedesaan masih gemar mengkonsumsi ikan ini, apalagi kalau diolah menjadi hidangan lezat seperti resep ikan asin gejrot khas Cianjur. Sebenarnya, diolah seperti apapun ikan asin tetap enak. Memiliki rasa khas yang berbeda dengan ikan lainnya. Selain itu, juga terdapat manfaat dan kandungan gizi dari ikan asin yang ternyata cukup banyak, lho. Apa saja, sih?

Kandungan Gizi Dari Ikan Asin
Kandungan Gizi Dari Ikan Asin 

  1. Protein
    Protein pada ikan asin mampu menjaga daya tahan tubuh Anda, sehingga tidak akan lelah maupun terserang penyakit. Jumlah yang cukup tinggi, yaitu 42 gram protein dalam 100 gram ikan asin. Selain manfaat di atas, protein juga membantu pembentukan serta menambah massa otot. Namun, karena kandungan garam yang cukup tinggi pada ikan asin, Anda tidak diwajibkan untuk mengkonsumsinya terlalu sering.

  2. Kalori
    193 kkal terkandung dalam 100 gram ikan asin kering. Kalori tersebut mampu memenuhi kebutuhan energi harian Anda, terutama bila dikonsumsi dengan makanan lain yang bergizi tinggi.
  3. Kalsium dan Fosfor
    Kedua nutrisi di atas tergolong cukup tinggi pada ikan asin. Dalam 100 gram ikan asin, terkandung 200 mg kalsium dan 300 mg fosfor. Keduanya memiliki manfaat untuk menyehatkan tulang dan gigi, membantu proses pertumbuhan terutama untuk anak-anak, mencegah kelainan dan memperkuat struktur tulang dan yang paling penting bisa mengurangi resiko osteoporosis.
  4. Zat Besi
    Makanan yang mengandung zat besi biasanya dikonsumsi pada masa penyembuhan suatu penyakit. Hal tersebut berkaitan dengan manfaatnya untuk mempercepat penyembuhan luka. Dalam porsi yang sama, ikan asin mengandung zat besi sebanyak 3 mg. Selain itu, zat besi juga mencegah anemia dan gejala-gejalanya seperti kurang fokus, lemas, sakit kepala dan sebagainya.
  5. Omega-3
    Seperti ikan lainnya, ikan asin juga memiliki kandungan omega-3 yang sangat tinggi. Dan karena kandungan kolesterol baiknya juga sama tinggi, ikan asin baik dikonsumsi penderita penyakit jantung. Omega-3 sendiri bisa menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh serta menjaga kesehatan kulit.
  6. Manfaat Lainnya
    Menjaga kesehatan kulit, karena kandungan omega-3, selenium, asam lemak essensial dan tentu saja vitamin E. Vitamin E tersebut juga melindungi Anda dari sinar UV yang mengakibatkan kanker kulit.

    Menjaga kesehatan mata, dimiliki vitamin A. Masalah-masalah mata seperti katarak, mata minus atau plus serta degredasi makula bisa dicegah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin ini, termasuk ikan asin.

Aneka resep spesial dari ikan yang tentunya mudah di praktekkan : Resep Membuat Pampis Cakalang Khas Sulawesi Utara

Masih banyak yang meremehkan ikan asin, karena terkesan sebagai lauk masyarakat yang kurang mampu. Namun, dengan manfaat dan kandungan gizi dari ikan asin di atas, apakah Anda mengelak dan tidak mau mencobanya? Ikan asin banyak jenisnya, kok ada yang murah dan ada yang mahal di pasaran. Pilih yang sesuai selera Anda saja, ya! Salam masakan!

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D

 


Suka

Langganan Resep Terbaru

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana