Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Minggu, 18 September 2016

Manfaat dan Kandungan Gizi Dari Ikan Bandeng

Etik Iskundarti
Advertisement
Advertisement

Manfaat dan Kandungan Gizi Dari Ikan Bandeng – Siapa yang tidak kenal dengan ikan ini. Banyak yang mengolahnya menjadi hidangan spesial, contohnya resep otak-otak bandeng khas Madura. Bandeng memang memiliki aroma dan rasa daging yang sangat khas. Selain itu, juga terdapat manfaat dan kandungan gizi dari ikan bandeng yang cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda. Mau tahu?

Kandungan Gizi Dari Ikan Bandeng
Kandungan Gizi Dari Ikan Bandeng
Kandungan nutrisi tersebut seperti vitamin B-kompleks, selenium, lemak jenuh, kolesterol serta kalori. Ada juga mineral, fosfor dan selenium yang diperlukan tubuh. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa membaca ulasan manfaat dan kandungan gizi dari ikan bandeng berikut:

  1. Makronutrisi
    Sebanyak 300 gram ikan bandeng (dimasak panas kering) mengandung 22,4 gram protein, 162 kkal kalori, 7,3 gram lemak, 2,9 gram lemak jenuh, 78 mg sodium serta 57 mg kolesterol. Protein merupakan kandungan makronutrisi yang paling tinggi, yaitu sekitar 55% dari jumlah kalori dan 2 kali lipat dari jumlah yang terdapat pada telur.
  2. Mineral
    Dalam jumlah yang sama, terkandung mineral dalam ikan bandeng sebanyak 25% (fosfor dan selenium). Makanan dengan kandungan tersebut harus dikonsumsi orang dewasa setiap harinya. Sebab, fosfor merupakan mineral penting, bagian integral oksigenasi sel darah merah. Sedangkan selenium membantu fungsi kekebalan tubuh dan kelenjar tiroid. Mineral lain yang juga tak kalah penting adalah zat besi, kalsium, kalium dan zinc.
  3. Vitamin
    Vitamin B yang terkandung dalam ikan bandeng sebanyak 116%, terdiri dari 24% vitamin B6, 12,44% niacin serta 15% asam pantotenat (anggota vitamin B-kompleks) yang harus sering dikonsumsi. Vitamin B-kompleks adalah jenis vitamin yang mudah larut dalam air, membantu metabolisme, kesehatan kulit, sistem syaraf pusat, DNA serta pembentukan sel darah merah.

    Kandungan lainnya, yaitu riboflavin, vitamin A dan asam folat. Hanya saja, ikan bandeng tidak mengandung begitu banyak vitamin C, D, E dan K.
  4. Lemak dan KolesterolLemak jenuh yang terkandung dalam satu porsi ikan bandeng adalah 20%. Sedangkan kolesterolnya 19% dan 9% dari total lemak. Disarankan untuk membatasi konsumsinya, bagi orang dewasa. Diet bandeng tidak boleh dilakukan setiap hari, karena akan menyebabkan Anda kekurangan mineral dan vitamin. Walaupun lemak ikan bandeng cukup tinggi, namun 60% dari totalnya adalah lemak tak jenuh tunggal yang termasuk dalam asam lemak omega-3 dan baik untuk kesehatan jantung.

Silahkan anda bisa mencoba resep spesial dari ikan bandeng : Resep Membuat Asem-Asem Bandeng Khas Lamongan

Demikianlah manfaat dan kandungan gizi dari ikan bandeng. Kalau pernah menyantap bandeng, pasti tahu, dong ikan ini banyak durinya! Tapi, kalau sabar dan hati-hati tidak bakal tertelan, kok. Nikmati semua masakan dari bandeng, dianjurkan untuk yang direbus atau dibakar, karena selain enak, gizinya menggiurkan!. Jadikan bandeng sebagai lauk sehari-hari, ya. Salam masakan!

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D

 


Suka

Langganan Resep Terbaru

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana