Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Senin, 19 September 2016

Manfaat dan Kandungan Gizi Dari Ikan Baung

Etik Iskundarti
Advertisement
Advertisement

Manfaat dan Kandungan Gizi Dari Ikan Baung – Ikan baung adalah ikan air tawar yang memiliki kandungan gizi cukup tinggi serta rendah lemak. Dagingnya enak dan gurih, apalagi kalau dimasak dengan resep paliat khas Kalimantan Selatan. Ikannya sudah gurih, ditambah bumbu yang diracik sempurna membuatnya tambah sedap.

Kandungan Gizi Dari Ikan Baung
Kandungan Gizi Dari Ikan Baung
Dulu sangat mudah mendapatkan ikan baung, di sungai atau muara, tapi sekarang sudah sedikit langka dan kalaupun ada di pasaran harganya pasti mahal. Dapat ditemukan di Kalimantan, bila Anda penasaran. Tapi, daripada memikirkan hal itu, lebih baik mencari tahu manfaat dan kandungan gizi dari ikan baung dulu, yuk!

  1. Protein
    Sumber protein ikan baung memang cukup tinggi, sekitar 51,99% untuk bobot 25,8 gram. Protein yang terkandung berguna untuk menambah dan melengkapi jumlah protein yang telah Anda santap (dari makanan lainnya). Ada asam amino esensial lysine, leusin dan metionin yang kadar proteinnya lebih tinggi bila dibandingkan pada susu atau daging.

    Hampir 80% ikan air tawar memang mengandung protein dengan kadar metionin dan sistin yang cukup tinggi. Metionin berfungsi untuk membantu proses tubuh serta menghilangkan lemak. Selain itu, juga berguna untuk membuat kreatin pada jaringan otot dan membantu sistem peredaran darah serta fungsi jantung. Sedangkan Leusin berperan membantu pertumbuhan anak, pembentukan serta perombakan otot. Lysine juga memiliki peran yang sama.
  2. Sumber Protein Pendek
    Ikan baung memiliki daging yang mudah dicerna dan aman untuk sistem pencernaan Anda. Baung bisa Anda pilih untuk hidangan selanjutnya, nih.
  3. Omega-3
    Seperti yang telah Anda ketahui, bahwa omega-3 berperan penting terhadap kesehatan. Salah satu peran yang dimilikinya adalah membantu perkembangan otak janin, pada ibu hamil. Selain itu, mengkonsumsi ikan baung oleh ibu hamil juga dapat membantu fungsi penglihatan serta syaraf bayi.

    Manfaat lainnya, yaitu menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan HDL atau kolesterol baik dalam darah. Dengan demikian, akan mengurangi resiko pembekuan darah, sehingga penyumbatan pembuluh darah yang menyebabkan stroke berkurang.
  4. Rendah Lemak
    Jumlah lemak pada 25,8 gram ikan baung sekitar 15,85%. Lemak pada ikan baung bersifat sederhana, yakni trigliserida yang netral. Lemak yang cukup rendah ini berada di bagian perut, terutama tubuh bagian bawah dan hati ikan. Ada pula lemak yang bersifat komplex. Karena ikan baung rendah lemak, maka dapat menekan kolesterol juga.

Ini terdapat resep masakan spesial dari ikan baung yang tentunya bisa kamu coba : Resep Pindang Ikan Baung Salai Palembang

Manfaat dan kandungan gizi dari ikan baung cukup banyak, juga ya. Hampir semua memang kandungan yang umum terdapat pada ikan. Melihat manfaatnya yang begitu banyak, Anda pasti tidak akan ragu ditawari menyantap hidangan dari ikan ini. Semoga Anda bisa lekas menemukan dan mencicipi hidangannya. Salam masakan!

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D

 


Suka

Langganan Resep Terbaru

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana