Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Rabu, 21 September 2016

Manfaat dan Kandungan Gizi Dari Ikan Cakalang

Advertisement
Advertisement

Manfaat dan Kandungan Gizi Dari Ikan Cakalang – Cakalang adalah ikan yang masih saudara dengan tuna. Ikan yang banyak dijual di pasaran ini bernilai komersil tinggi, apalagi kalau sudah diolah dengan resep cakalang bakar rica khas Sulawesi Utara. Rasanya enak dan sangat gurih, terutama jika disantap hangat-hangat.

Kandungan Gizi Dari Ikan Cakalang
Kandungan Gizi Dari Ikan Cakalang
Ngomong-ngomong soal lezatnya ikan cakalang, kami juga akan menghadirkan manfaat serta kandungan gizinya. Seperti ikan bawal, manfaat dan kandungan gizi dari ikan cakalang ini salah satunya omega-3 dan omega-6. Masing-masing jumlahnya cukup tinggi, lho dan memberikan manfaat yang sangat baik bagi kesehatan pembaca. Apa saja, sih kegunaannya?

  1. Omega-3
    Omega-3 sangat dibutuhkan ibu hamil untuk membentuk sel pembuluh darah dan jantung janin. Sedangkan untuk orang dewasa, omega-3 akan membantu mekanisme kerja jantung dan pembuluh darah, sehingga darah akan selalu sehat. Ia juga mampu melindungi jantung dari Fibrilasi Atial, gangguan jantung pada orang tua.

    Kanker payudara serta leukimia juga bisa dicegah dengan konsumsi ikan cakalang. Kandungan lemak ikan pada cakalang akan melindungi tubuh secara menyeluruh terhadap karsinoma pada sel ginjal. Selain itu, omega-3 juga mampu menurunkan resiko AMD (Age-related Macular Disease) atau yang dikenal penyakit mata karena proses penuaan.
  2. Zat Besi
    Kandungan yang dapat membantu proses pembentukan sel darah merah ini sangat baik untuk mengatasi anemia atau lesu darah. Cara mengolahnya adalah direbus, karena kalau digoreng akan membuat protein di dalamnya rusak. Konsumsi 3-4 kali seminggu sebagai pengobatan.

  3. Vitamin
    Kandungan vitamin dalam ikan cakalang yang mudah larut dalam lemak adalah vitamin A, D dan E. Ketiganya banyak ditemukan pada hati ikan. Vitamin lainnya yang juga terkandung dalam ikan cakalang adalah B1 dan C.
  4. Selenium dan Antioksidan
    Keduanya bekerja sama dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Sehingga konsumsi ikan cakalang mampu melawan infeksi ataupun penyakit.
  5. Manfaat Lainnya
  • Telah banyak dibuktikan, bahwa mengkonsumsi ikan cakalang adalah cara alami untuk melindungi tubuh dari penyakit-penyakit seperti kanker pankreas, ovarium, mulut, faring, lambung, kerongkongan serta usus besar.
  • Kandungan omega-6 di dalamnya juga dipercaya mampu menurunkan kadar trigliserida, melenturkan pembuluh darah dan mencegah penggumpalannya serta meningkatkan kecerdasan otak.
  • Kulit cakalang mampu meremajakan kulit dan membuatnya tidak kusam. Kulit yang dimaksudkan ada pada bagian sirip punggung hingga ekor. Rebus bersama garam dan batang serai (memarkan).
  • Terapi untuk mengobati rheumatik dan linu tulang bisa dilakukan dengan mengkonsumsi ikan cakalang sebanyak 2-3 kali seminggu (ringan) dan setiap hari (serius).
  • Mencegah ejakulasi dini, dengan merebus insang cakalang bersama daun jeruk purut dan garam.

Resep spesial ikan cakalang yang bisa kamu coba : Resep Membuat Pampis Cakalang Khas Sulawesi Utara

Untuk mendapatkan manfaat dan kandungan gizi dari ikan cakalang di atas, kami anjurkan ikan dimasak dengan cara ditim atau dikukus. Sebab, apabila digoreng, kandungan omega-3 akan hilang (karena terkena panas berlebihan). Selamat menikmati hidangan ikan cakalang, salam masakan!

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D

 


Suka

Langganan Resep Terbaru

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana