Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Kamis, 22 September 2016

Manfaat dan Kandungan Gizi Dari Ikan Cucut

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Manfaat dan Kandungan Gizi Dari Ikan Cucut – Siapa, sih yang tidak mengenal ikan cucut? Ikan dengan tulang rawan dan bertubuh rampung ini hidup di hampir seluruh perairan di Indonesia. Meskipun masih disepelekan, ternyata ada juga olahan lezatnya seperti pada resep ikan cucut panggang khas Pekalongan.

Kandungan Gizi Dari Ikan Cucut
Kandungan Gizi Dari Ikan Cucut 
Selain enak, ikan cucut juga kaya manfaat, sebab pada daging, kulit, tulang, gigi dan organ dalamnya bisa digunakan untuk berbagai kepentingan manusia. Hati dan sirip merupakan dua bagian cucut yang bernilai ekonomis cukup tinggi. Bahkan, nelayan rela membuang daging cucut hanya untuk mendapatkan kedua bagian tersebut. Padahal, kalau diolah dan di santap bersama akan memberikan manfaat dan kandungan gizi dari ikan cucut seperti berikut ini!

  1. Kandungan Gizi Ikan Cucut
    Terdapat kandungan protein dan omega-3 pada ikan cucut. Keduanya mampu menunjang kesehatan Anda. Inilah rincian nutrisi dalam 100 gram ikan cucut:
    - 73,6 gram kandungan air dalam daging
    - 1,2 gram kandungan mineral
    - 21,7 gram kandungan protein

    Kandungan proteinnya sangat tinggi, ya? Protein tersebut akan membantu memelihara sel tubuh, apalagi untuk ibu hamil. Sebab, mereka membutuhkan protein lebih banyak dibanding wanita biasa. Protein tersebutlah yang akan mengganti serta memproduksi kembali sel tubuh yang telah mati. Sehingga, ibu hamil akan tetap sehat dan segar sepanjang kehamilannya.

    Pastikan mengkonsumsi protein ikan cucut dengan benar, perhatikan paparan merkuri yang berbahaya.
  2. Kandungan Gizi Hati Ikan Cucut
    Hati cucut merupakan piranti utama bagi daging, kerangka tulang, organ dalam maupun kulit. Sebab, terdapat kandungan minyak yang tinggi vitamin A pada ikan cucut. Kandungan skualen juga bisa dimanfaatkan untuk obat, produk kosmetik dan lain sebagainya.
  3. Manfaat Lainnya
    Manfaat Sirip Cucut
    Sirip adalah bagian ikan cucut yang dieksploitasi berlebihan. Pasalnya, ia memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi karena bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Sirip diolah menjadi serat-serat sebagai campuran sup yang digemari wisatawan.

    Manfaat Kerangka Tulang Ikan Cucut
    Tulang rawan ikan cucut yang karakteristiknya mirip pada ikan pari dan hiu bisa dijadikan bahan perekat maupun bahan utama pembuat obat di bidang farmasi.

    Manfaat Usus Ikan Cucut
    Bisa dimanfaatkan industri pangan maupun non-pangan. Di dalamnya terkandung enzim protease, serta bisa dijadikan bahan pembuat insulin.

    Manfaat Kulit dan Gigi Ikan Cucut
    Kulit cucut dimanfaatkan sebagai bahan aksesories, seperti jaket kulit, sepatu dan tas karena teksturnya mirip dengan kulit ternak. Giginya yang berjumlah 150 buah dengan panjang 1,5 inci juga dimanfaatkan untuk pembuatan aksesories seperti perhiasan, pernak-pernik dan sebagainya.

Yuk silahkan di coba resep spesial dari bahan ikan, yang simple dan mudah kamu paraktekkan : Resep Membuat Cakalang Garo Rica Khas Sulawesi Utara

Sudah Anda baca, kan manfaat dan kandungan gizi dari ikan cucut? Tidak hanya dagingnya saja yang bernutrisi, tapi beberapa bagian tubuhnya juga. Manfaatkan dengan baik apa yang telah diberikan sang pencipta untuk Anda seperti pada ikan cucut yang telah kami sebutkan di atas. Selamat mencoba dan salam masakan!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D