Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Jumat, 23 September 2016

Manfaat dan Kandungan Gizi Dari Ikan Dorang

etik iskundarti
Advertisement
Advertisement

Manfaat dan Kandungan Gizi Dari Ikan Dorang – Ikan dorang sekilas bisa dikatakan mirip dengan dori. Ikan yang hidup di air dangkal ini memiliki daging yang kenyal serta lezat. Banyak yang mengolahnya dengan acar kuning atau sekedar dibakar dan digoreng. Dengan pemakaian bumbu-bumbu yang pas, kelezatan ikan dorang semakin menonjol.
Kandungan Gizi Dari Ikan Dorang
Kandungan Gizi Dari Ikan Dorang
Selain kelezatannya yang tak bisa dideskripsikan, terdapat pula manfaat dan kandungan gizi dari ikan dorang. Manfaat tersebut dapat dirasakan terutama oleh ibu hamil. Mau tahu lebih lengkapnya? Simak kelanjutan di bawah ini!

  1. Kandungan Protein
    Asam amino essensial yang ada pada ikan dorang membantu pembentukan sel janin, mulai dari kulit, rambut hingga otot. Ia bekerja terutama pada trimester ketiga. Asam amino essensial juga dapat mengurangi resiko autoimun (kekebalan tubuh salah menyerang dan menghancurkan jaringan tubuh pada anak-anak), termasuk diabetes type 1.
  2. Vitamin D
    Khusus untuk ibu hamil, vitamin D pada ikan dorang membuat kualitas tidur mereka jadi lebih baik. Manfaatnya sama seperti ketika berjemur di bawah sinar matahari untuk memperkuat tulang.
  3. Zinc
    Zinc atau seng sangat membantu, terutama pada masa kehamilan. Karena bakal bayi atau fetus sangat membutuhkannya untuk mengembangkan sel-sel tubuh. Kekurangan zinc bisa membuat bayi lahir prematur hingga cacat.
  4. Yodium
    Yodium yang terdapat pada ikan dorang memiliki fungsi, yaitu mencegah gondok. Hal ini sudah lama diketahui banyak orang. Kenapa orang bisa terkena gondok? Sebab, terdapat pembengkakan di kelenjar tiroid. Sangat berhubungan dengan manfaat yodium yang juga menjaga fungsi kelenjar tersebut. Kelenjar tiroid yang berada di bagian leher (di bawah rongga pernafasan) ini dapat memproduksi protein, mengatur proses pembakaran energi dan menghasilkan hormon. Nah, bila Anda kekurangan yodium, yang terjadi adalah kelenjar tiroid membengkak dan menjadi gondok.

  5. Omega-3
    Omega-3 banyak terkandung pada ikan, salah satunya dorang. Nutrisi ini dapat membantu perkembangan memori bayi, mencegah kelahiran prematur dan menurunkan lemak darah atau trigliserida serta mengurangi resiko pembekuan darah.
  6. Manfaat Lainnya
  • Menyehatkan ibu hamil dan bayi
  • Mengurangi resiko penyakit asma pada janin yang sudah lahir
  • Mengurangi depresi pada ibu hamil
  • Diet ikan bagi ibu hamil bisa mendukung fungsi hati dan mengurangi penyakit jantung
  • Menurunkan resiko multiple sclerosis dan artritis pada ibu hamil

Ini ada aneka resep spesial dari bahan ikan yang mudah di praktekkan : Resep Membuat Cakalang Bakar Rica Khas Sulawesi Utara

Demikianlah manfaat dan kandungan gizi dari ikan dorang. Sekedar saran untuk Anda yang mengkonsumsinya, lebih baik seminggu sekali saja. Untuk wanita yang sedang menyusui bisa mengkonsumsi 2-3 porsi/minggu. Ikan harus dimasak dengan benar agar kandungan bakteri listeria monocytogenesnya hilang. Melakukan pengasapan terhadap ikan dorang harus dihindari. Selamat mencoba dan salam masakan!

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D