Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Minggu, 25 September 2016

Manfaat dan Kandungan Gizi Dari Ikan Gabus

Etik Iskundarti
Advertisement
Advertisement

Manfaat dan Kandungan Gizi Dari Ikan Gabus – Ikan gabus telah dikenal masyarakat Indonesia sebagai bahan utama pembuat hidangan spesial, seperti resep membuat gabus pucung khas Bekasi. Meskipun masih kalah dengan ikan nila, gurame dan sejenisnya, gabus ternyata cukup lezat dan memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dari ikan lainnya, lho.

Ikan Gabus
Ikan Gabus
Ikan yang memiliki bentuk mirip dengan lele ini bisa ditemukan di sungai, danau dan rawa. Ciri utama yang membedakannya dengan lele adalah pada kumisnya. Gabus juga memiliki warna yang tidak segelap ikan lele. Daripada banyak deskripsi, lebih baik langsung ke inti pembahasannya saja, yuk. Mari menyimak manfaat dan kandungan gizi dari ikan gabus berikut!

  1. Kandungan Protein
    Telah disebutkan di atas, bahwa kandungan protein pada ikan gabus sangat tinggi. Itu memang benar! Kandungannya lebih tinggi dari ikan nila, ikan mas dan lele, tapi setara dengan protein ikan bandeng. Terbukti bahwa dalam 100 gram ikan gabus, terdapat 25,2 gram protein.

    Kandungan protein pada daging ayam saja hanya 18,2 gram, telurnya 12,8 gram sedangkan pada daging sapi 18,8 gram dengan porsi yang sama. Protein yang ada pada ikan gabus tersebut bermanfaat, yang mana bisa membantu pembentukan serta pertumbuhan otot pembaca. Kandungan protein lainnya adalah sebagai berikut:

    Albumin
    Terdapat protein albumin yang kadarnya sangat tinggi, yaitu 60%. Albumin merupakan protein yang sangat dibutuhkan tubuh, terutama untuk menyembuhkan luka. Biasanya orang akan mengkonsumsi ikan gabus pasca operasi, karena dipercaya bisa mempercepat penyembuhan lukanya. Ikan gabus membantu pembentukan sel dan jaringan yang rusak akibat operasi.

    Ikan gabus juga berperan menjaga regulasi cairan pada tubuh agar tetap stabil. Apabila kadar cairan tubuh berkurang, protein yang masuk akan pecah dan tidak dapat berfungsi normal.

    Kolagen
    Kandungan protein kolagen yang cukup rendah pada ikan gabus membuat dagingnya empuk dan mudah dicerna. Kolagen yang dimiliki gabus bahkan lebih rendah dari daging hewan ternak. Jumlahnya hanya 3-5% dari total kandungannya. Karena mudah dicerna, kolagen bisa menyehatkan sistem pencernaan Anda!
  2. Kandungan Nutrisi Lainnya
    Dalam 100 gram ikan gabus, terkandung 69 kkal kalori, 1,7 gram lemak, 62 mg kalsium, 76 mg fosfor, 150 mg vitamin A, 0,04 mg vitamin B, 0,9 mg besi dan 69 gram air. Kandungan-kandungan tersebutlah yang berperan penting dalam menjaga kesehatan pembaca!

  3. Manfaat Lainnya
  • Meningkatkan kekebalan tubuh
  • Gabus dapat memperbaiki gizi buruk pada bayi, balita ataupun ibu hamil. Porsi yang cukup untuk memenuhinya adalah 100 gram ikan gabus.
  • Terdapat kandungan pada ikan gabus yang bermanfaat untuk menyembuhkan pengidap autis
  • Bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit, seperti infeksi paru-paru, typhus, hepatitis, diabetes, stroke dan masih banyak lagi.

Resep spesial dari ikan gabus yang bisa di praktekkan : Resep Membuat Sayur Ikan Gabus Khas Kalimantan Barat

Gabus banyak digemari karena tekstur dagingnya yang lembut dan tidak kalah lezat dari lele. Ikan ini juga memberi manfaat yang cukup lengkap bagi kesehatan Anda. Manfaat dan kandungan gizi dari ikan gabus tersebut bisa dirasakan semua kalangan, mulai dari janin, anak-anak, orang dewasa hingga ibu hamil. Semoga artikel ini bermanfaat dan salam masakan!

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D

 


Suka

Langganan Resep Terbaru

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana