Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Rabu, 28 September 2016

Manfaat dan Kandungan Gizi Dari Ikan Kakap Putih

Advertisement
Advertisement

Manfaat dan Kandungan Gizi Dari Ikan Kakap Putih – Kakap adalah ikan yang hidup di air payau. Ikan ini memiliki dua jenis, yaitu kakap merah dan kakap putih (barramundi). Namun, kali ini kami akan membahas yang kedua. Perlu diketahui bahwa ikan kakap putih lebh banyak dicari, sebab berat tubuhnya cukup besar hingga mencapai 3 kg.

Kakap Putih
Kakap Putih
Ikan tersebut bisa diolah dengan berbagai macam cara, salah satunya pada resep be pasih mepanggang khas Bali. Selain karena rasanya yang lezat, kakap putih juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Manfaat dan kandungan gizi dari ikan kakap putih akan langsung kami bahas di bawah, jadi Anda harus membacanya baik-baik, ya!

  1. Protein
    Agar keseimbangan nutrisi harian tercapai, setidaknya wanita dewasa harus mengkonsumsi protein 46 gram dan pria sekitar 56 gram. Ikan kakap putih sendiri mengandung 35 gram protein/600 gram bobotnya. Jumlah yang cukup tinggi dan bisa memenuhi 76% kebutuhan harian protein (wanita) dan 62% (pria).

    Protein berfungsi untuk membantu pembentukan jaringan otot. Protein juga dibutuhkan anak-anak dalam masa pertumbuhan.

  2. Kandungan Omega-3 dan Omega-6
    Mengkonsumsi ikan kakap putih dengan kandungan omega-3 mampu menghindarkan pembaca dari penyakit kanker. Selain itu, barramundi juga baik untuk kesehatan jantung. Keseimbangan keduanya (omega-3 dan omega-6) sangatlah dibutuhkan, terutama untuk menjaga jantung dan fungsi kardiovaskular, menjaga supaya kolesterol tetap terkontrol, sehingga akan terhindar dari aterosklerosis serta penyakit komplikasi lainnya.

    Omega-3 juga membantu meningkatkan fungsi otak serta mengoptimalkannya. Konsumsi dua kali seminggu dan nutrisi otak Anda akan terpenuhi.
  3. Vitamin A dan B-Kompleks
    Vitamin A membantu menjaga kesehatan mata. Selain dari sayur dan buah-buahan, bisa juga diperoleh dari ikan kakap putih. Sedangkan vitamin B-kompleks bermanfaat untuk produksi energi, menjaga kesehatan pencernaan dan sistem syaraf dan mengontrol kadar kolesterol.
  4. Kandungan Taurin dan Selenium
    Kedua kandungan tersebut berfungsi sebagai antioksidan serta nutrisi untuk perkembangan otak. Sehingga konsumsi ikan kakap putih pada anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan akan membantu mereka berkembang, mempelajari dan mengingat hal baru. Selain selenium, mineral lainnya seperti kalsium, magnesium dan zinc juga mampu menjaga kesehatan tulang. Penuhi nutrisi mineral Anda agar tulang tetap terlindungi dan tingkat kepadatannya terkontrol.
  5. Manfaat Lainnya
  • Sama seperti ikan laut lainnya, kakap putih bisa dikonsumsi pembaca yang baru melakukan operasi (untuk membantu mempercepat penyembuhannya)
  • Sirip ikan kakap dipercaya dapat mengatasi kelumpuhan ringan. Sebab, terdapat kandungan kalsium dan fosfor di dalamnya yang membantu pemulihan tulang.
  • Insang kakap berguna sebagai obat sakit batuk kronis

Resep spesial dari bahan ikan kakap yang mengoda lidah : Resep Membuat Sup Ikan Khas Sulawesi Utara

Demikian manfaat dan kandungan gizi dari ikan kakap putih. Anda bisa memilih, ingin mengolah ikan kakap merah atau kakap putih. Keduanya sama-sama enak, kandungan nutrisinya juga berlimpah. Silahkan membaca manfaat dan kandungan gizi dari ikan kakap merah disini. Anda bisa membandingkan kelebihan dan kekurangan keduanya. Semoga artikel ini bermanfaat! Salam masakan!

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D

 


Suka

Langganan Resep Terbaru

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana