Ketik misal : ayam, bihun, khas padang, khas palembang

Jumat, 30 September 2016

Manfaat dan Kandungan Gizi Dari Ikan Kerapu

Etik Iskundarti
Advertisement
Advertisement

Manfaat dan Kandungan Gizi Dari Ikan Kerapu – Siapa sangka ikan yang tumbuh di sekitar terumbu karang ini sangat diminati. Sebab, rasanya sangat enak, apalagi kalau diolah menjadi resep kerupuk kerapu khas Jepara. Gurih dan sangat cocok dijadikan lauk tambahan. Anda pasti belum mencobanya, kan?

Ikan Kerapu
Ikan Kerapu 
Selain rasa kerupuk-nya yang memang enak, manfaat dan kandungan gizi dari ikan kerapu pun cukup banyak. Beberapa di antaranya adalah omega-3, vitamin B-kompleks, selenium, taurin dan masih banyak lagi. Fungsinya untuk mencegah penyakit kronis, seperti jantung koroner serta dapat meningkatkan kecerdasan otak anak. Berikut ini versi lengkapnya!

  1. Omega-3Tubuh manusia membutuhkan asupan omega-3 dan DHA yang tidak bisa diproduksi sendiri, jadi harus didapatkan dari makanan-makanan bergizi, seperti ikan kerapu ini. Kandungan asam lemak tak jenuh pada ikan kerapu bisa membantu mencerdaskan otak, seperti yang telah dikatakan sebelumnya.

    Asupan gizi tersebut menjadi stimulan positif yang memberi kekuatan bagi daya ingat otak. Selain itu, ikan kerapu juga bisa mencegah penyakit jantung koroner serta cacat permanen yang diakibatkannya.

  2. Kandungan Vitamin B Kompleks
    Karena tubuh membutuhkan energi, maka vitamin B kompleks menawarkan manfaat yang dimilikinya, yaitu mengubah karbohidrat menjadi glukosa. Sehingga Anda tidak akan mudah lemah, lesu dan kurang bersemangat.

    Vitamin B1 berfungsi mengubah glukosa menjadi energi dan berkontribusi terhadap fungsi syaraf. Kekurangan vitamin B1 bisa mempengaruhi kardiovaskular, usus, otot dan degenerasi fungsi syaraf. Gejalanya mudah marah, bingung dan lelah.

    Fungsi B Komples lainnya adalah menjaga sistem pencernaan supaya BAB lancar dan terhindar dari wasir. Manfaat tersebut bisa ditemukan pada vitamin B1, B2, B3 dan B6. Vitamin B Kompleks juga mampu memecah lemak, protein serta karbohidrat dalam tubuh.
  3. Selenium
    Selenium selain mampu menangkal radikal bebas juga memiliki manfaat lainnya, seperti mengontrol mood dan tingkat depresi. Orang yang kekurangan selenium akan mudah stress, dibandingkan yang mengkonsumsinya secara teratur. Selenium juga bisa menjaga daya tahan tubuh agar tidak gampang sakit.
  4. Taurin
    Taurin bisa menurunkan tekanan darah tinggi dan sedang diuji apakah bisa mengobati penderita depresi bipolar atau tidak.

  5. Kandungan Merkuri
    Merkuri pada ikan kerapu cukup tinggi. Apabila dikonsumsi bisa mengakibatkan gangguan terhadap perkembangan syaraf anak-anak. Dampak lainnya, yaitu bisa mengganggu kemampuan memori, kognitif, bahasa, motorik halus, kemampuan visual spasial serta perhatian.

Aneka resep spesial dari bahan ikan yang bisa kamu coba : Resep Membuat Sup Ikan Khas Sulawesi Utara

Konsumsi ikan kerapu secara berlebihan ternyata juga tidak baik. Sebab, kerapu mengandung merkuri yang cukup tinggi dan berdampak negatif apabila masuk ke dalam tubuh manusia. Terlebih apabila dikonsumsi ibu hamil, akan mengakibatkan perkembangan syaraf pusat janin terhambat. Jadi, sangat tidak dianjurkan meskipun terdapat manfaat dan kandungan gizi dari ikan kerapu. Salam masakan!

0 komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih Sudah berkunjung di blog saya :)

Komentar yang tertib ya :D

 


Suka

Langganan Resep Terbaru

Mengenai Saya

Foto saya

Aku suka masak, mulai suka blog baru kemarin :D ada yg bisa ajarin ? Ikuti aku ya bagi yg mau tau update artikel blog ku resep masakan sederhana